ANALISIS STRATEGI PROMOSI PARIWISATA BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung)

VENY EVA RIDANTI, 17402163125 (2020) ANALISIS STRATEGI PROMOSI PARIWISATA BERBASIS EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Promosi Pariwisata Berbasis Ekonomi Kreatif dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis Veny Eva Ridanti NIM 17402163125, pembimbing Dr. Sutopo, M. Pd. Promosi berperan penting untuk meningkatkan daya tarik dan jumlah kunjungan wisatawan. Para pelaku wisata harus melakukan promosi yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan daya tarik wisatawan serta dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitar destinasi wisata. Peran pemerintah diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah yang ada dalam kegiatan promosi tersebut. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung sudah melakukan semua strategi promosi pariwisata melalui berbagai media. Namun, untuk pelaksanaanya masih ada yang belum maksimal karena kendala anggaran dana yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan dan menganalisis strategi promosi pariwisata berbasis ekonomi kreatif yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung dalam meningkatkan daya tarik wisatawan.; 2) menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam promosi pariwisata; 3) mendeskripsikan tinjauan perspektif ekonomi islam tentang strategi promosi pariwisata. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) strategi promosi pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung yaitu periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan. Media sosial merupakan promosi yang efektif untuk meningkatkan daya tarik wisatawan. Promosi melalui event pariwisata seperti pameran pariwisata dan gelar atraksi pariwisata akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya karena memiliki target untuk mendatangkan wisatawan dalam jumlah besar; 2) Faktor pendukung promosi wisata antara lain: dana anggaran yang tersedia, terjalinnya hubungan yang harmonis para pelaku pariwisata, adanya inovasi-inovasi baru dan ekonomi kreatif masyarakat. Sedangkan, faktor penghambat promosi sebagai berikut: akses lokasi pariwisata yang kurang memadai, kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengembangkan ekonomi kreatif destinasi pariwisata, kurangnya interaksi SDM pengelola pariwisata dan pokdarwis dengan para pengunjung, tingkat kebersihan sarana dan prasarana belum dikelola dengan baik; 3) Strategi promosi dalm tinjauan islam yang dilakukan tetaplah berpedoman pada nilai etika bisnis dan nilai kejujuran. Proses promosi destinasi wisata dalam pandangan agama adalah positif, karena dijalankan dengan cara yang baik untuk mencapai tujuan yang baik yaitu untuk kemaslahatan bersama. Kata kunci: strategi promosi, ekonomi kreatif, daya tarik wisatawan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Veny Eva Ridanti 17402163125
Date Deposited: 09 Sep 2020 06:02
Last Modified: 10 Jun 2021 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16261

Actions (login required)

View Item View Item