STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBUDAYAKAN PERILAKU RELIGIUS SISWA DI MTS AL-MUSLIHUUN TLOGO KANGORO BLITAR

LUTFI DWI HARYANTI, 17201163066 (2020) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBUDAYAKAN PERILAKU RELIGIUS SISWA DI MTS AL-MUSLIHUUN TLOGO KANGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “strategi guru aqidah akhlak dalam membudayakan perilaku religius siswa di MTs Al-Muslihuun Tlogo kanigoro Blitar” ini ditulis oleh Lutfi Dwi Haryanti, NIM 17201163066 Fakultas Tarbiyah Ilmu dan Keguruan , jurusan Pendidikan Agama Islam. Dosen pembimbing: Dr. Elfi Mu’awanah, M.Pd., NIP 19721127199703 2 001 Kata Kunci: Strategi Guru, Pembudayaan Perilaku Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru Aqidah Akhlak dibandingkan dengan guru-guru lainnya dalam pembudayaan perilaku religius siswa di MTs Al-Muslihuun. Ketertarikan peneliti terhadap Guru Aqidah Akhlak tersebut karena melihat antara pelajaran yang ada di Aqidah Akhlak sinergi dengan pembudayaan perilaku religius siswa di sekolah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana strategi guru Aqidah Akhlak dalam memudayakan perilaku religius dari nilai kejujuran siswa di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kangiro Blitar?. 2. Bagaimana straregi guru Aqidah Akhlak dalam membudayakan perilaku religius dari sikap rendah hati siswa di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar?. 3. Bagaimana strategi guru Aqidah Akhlak dalam membudayakan perilaku religius dari nilai kedisiplinan siswa di Mts Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar?. Rancangan penelitian dari penenlitian ini adalah: pendekatan kualitatif, jenis penelitian: penelitian lapangan, kehadiran peneliti, lokasi penelitian: Mts Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar, sumber data: data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data: kepercayaan, triangulasi, memperpanjang pengamatan, pemeriksaan sejawat, dan kebergantungan. Hasil penelitian ini adalah: 1. Strategi dalam membudayakan perilaku religius dari nilai kejujuran siswa: memberikan motivasi kepada siswa dengan cara memasang tulisan-tulisan slogan yang dipasang ditembok, memberikan cerita-cerita yang bisa diambil hikmahnya untuk berperilaku jujur, memberikan contoh keteladan kepada siswa untuk berperilaku jujur, membiasakan siswa agar berbiacara jujur. 2. Dalam membudayakan perilaku religius dari sikap rendah hati diantaranya: Guru Aqidah Akhlak memberikan Contoh kepada Siswa untuk berperilaku senyum, sapa, salam-salaman, dan sopan santun terhadap sesama teman ataupun kepada guru, kemudian dari materi Aqidah Akhlak yang ada di kelas dibuat semenarik mungkin sehingga dapat memberikan semangat belajar kepada siswa sehingga nilai rendah hati akan mudah tertanam pada diri siswa. 3. Dalam membudayakan perilaku religius dari nilai kedisiplinan: Guru Aqidah Akhlak memberikan contoh untuk datang ke sekolah tepat waktu, Guru Aqidah Akhlak berperan aktif untuk menertibkan siswa dalam sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, melakukan penertiban terhadap atribut lengkap siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lutfi 17201163066
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:08
Last Modified: 06 May 2021 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16275

Actions (login required)

View Item View Item