EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MATERI TEKS RESENSI MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NUR APRI LELA, 17210163089 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MATERI TEKS RESENSI MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lela, Nur Apri. NIM. 17210163089. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Materi Teks Resensi Melalui Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas XI MAN 1 Trenggalek Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung. Pembimbing Mustofa, SS., M. Pd. Kata Kunci: Efektivitas Model Discovery Learning, Teks Resensi, Daring Discovery Learning adalah model pembelajaran yang mengarah pada penemuan dan berpusat pada peserta didik. Model pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik merupakan pembelajaran untuk memecahkan masalah dan mendorong mereka untuk memecahkan masalah mereka sendiri atau menemukan sendiri. Proses pembelajaran yang dilakukan di MAN 1 Trenggalek dalam pembelajaran teks resensi masih monoton, guru masih menggunakan cara lama, yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan siswa tersebut hanya berpusat pada guru saja sehingga membuat siswa kurang terangsang untuk berpikir, sehingga siswa tersebut cenderung pasif. Untuk mengatasi masalah, peneliti dalam proses pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran discovery learning yang berpusat pada peserta didik dan tidak pada pendidik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran discovery learning dalam materi teks resensi melalui pembelajaran daring pada siswa kelas XI MAN 1 Trenggalek? (2) bagaimanakah efektivitas penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam materi teks resensi melalui pembelajaran daring pada siswa kelas XI MAN 1 Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen atau eksperimen semu. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN 1 Trenggalek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Dokumentasi yang diperoleh dari penelitian tersebut meliputi RPP pendidik, langkah-langkah pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dan tes yang digunakan dalam penelitian menggunakan tes menulis teks resensi peserta didik. Uji hipotesis yang digunakan adalah t-test dengan menggunakan independent sampel t-test. Berdasarkan rumusan masalah yang telah diajukan, maka hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) pelaksanaan model pembelajaran discovery learning dalam materi teks resensi di kelas, yaitu peserta didik mencari sendiri terkait dengan materi teks resensi, peserta didik menemukan sendiri masalah yang ada pada teks resensi, dan peserta didik menyusun sebuah teks resensi. Peran pendidik dalam model pembelajaran discovery learning, yaitu pendidik menyiapkan tugas kepada peserta didik, pendidik menyiapkan masalah yang akan dipecahkan peserta didik, pendidik menyiapkan keadaan kelas, dan pendidik menyiapkan fasilitas belajar yang akan diperlukan. Model pembelajaran discovery learning terdapat enam langkah, yaitu stimulus (pemberi rangsangan), problem statement (identifikasi masalah), data collection (pengumpulan data), data processing (pengolahan data), verification (pembuktian), dan generalization (menarik esimpulan). (2) terdapat efektivitas yang signifikan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan tanpa menggunakan pembelajaran discovery learning. Perbandingan dari kedua kelas tersebut, kelas kontrol dan kelas eksperimen ini peserta didiknya lebih berprestasi setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning, dikarenakan model pembelajaran discovery learning tersebut telah dimodifikasi oleh pendidik menjadi lebih simpel. Setelah model pembelajaran tersebut diterapkan, respon peserta didik sangat antusias untuk belajar, karena didukung oleh model pembelajaran yang bisa memotivasi belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji independent sampel t-test dengan nilai sebesar 0,000<0,05, maka hipotesis diterima. Efektivitas pembelajaran di kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan pembelajaran discovery learning dengan kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan discovery learning. Nilai rata-rata hasil belajar menulis teks resensi kelas kontrol sebesar 73,11 dan kelas eksperimen sebesar 88,38. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: NUR APRI LELA 17210163089
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:46
Last Modified: 02 Jun 2021 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16276

Actions (login required)

View Item View Item