IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL-QUR’AN DI MI TARBIYATUL ATHFAL PULOTONDO NGUNUT TULUNGAGUNG

KHARISMA NOVITASARI, 17205163157 (2020) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL-QUR’AN DI MI TARBIYATUL ATHFAL PULOTONDO NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (484kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur‟an di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Kharisma Novitasari, NIM. 17205163157, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pembimbing Prof. Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Metode Ummi, Meningkatkan kualitas Baca Al-Qur‟an Penelitian di skripsi ini dilatar belakangi oleh pada zaman sekarang ini pemandangan yang cukup memprihatinkan akhir-akhir ini dirasakan kecintaan membaca Al-Qur‟an dikalangan umat Islam sedikit menurun, khususnya banyak anak-anak dan remaja muslim yang belum mampu membaca Al-Qur‟an. MI Tarbiyatal Athfal Pulotondo merupakan Madrasah Ibtidaiyah di desa Pulotondo yang menggunakan metode Ummi sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur‟an untuk para siswanya. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi program dasar metode Ummi dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur‟an di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi pendekatan pembelajaran metode Ummi dalam meningkatkan kualitas baca AlQur‟an di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana implemetasi tahap-tahap pembelajaran metode Ummi dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur‟an di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung dalam pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi dengan analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan (1). Program dasar metode Ummi dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur‟an di MI Tarbiyatul Pulotondo Ngunut Tulungagung berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. Program dasar metode Ummi yang diterapkan di MI Tarbiyatul Athfal sesuai dengan modul yaitu: (a). Tashih baca Al-Qur‟an (b). Tahsin (c). Sertifikasi Guru Al-Qur‟an (d).Choacing/ magang (e). Supervisi (Pemastian dan penjagaan mutu system Ummi diterapkan di lembaga) (f). Munaqasyah (Kontrol eksternal kualitas/ evaluasai hasil oleh ummi foundation) (g). Khotaman dan Imtihan. (2) Terdapat tiga pendekatan yang diterapkan di MI Tarbiyatul Athfal Pulotondo Ngunut Tulungagung yaitu: (a).Metode Langsung (b).Diulang-ulang (c). Kasih sayang yang tulus. (3). Tahaptahap pembelajaran Al-Qur‟an metode Ummi dijabarkan sebagai berikut: (a). Pembukaan (b). Apersepsi (c). Penanaman konsep (d). Pemahaman konsep (e). Ketrampilan/Latihan (f). Evaluasi (g). Penutup.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: KHARISMA NOVITASARI 17205163157
Date Deposited: 04 Sep 2020 03:24
Last Modified: 07 May 2021 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16277

Actions (login required)

View Item View Item