ANISATU ROHMAH, 17201163340 (2020) HUBUNGAN MINAT MENGIKUTI KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (649kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (297kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (212kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (236kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Hubungan Minat Mengikuti Kegiatan Kerohanian Islam (Rohis) Terhadap Akhlak Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan Trenggalek”, ini ditulis oleh Anisatu Rohmah, NIM. 17201163340, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Abdul Aziz Faradi, M.Hum., NIP. 19840414 201403 1 004. Kata Kunci : Minat, Kegiatan Kerohanian Islam (Rohis), Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kehidupan manusia yang menghadapi era globalisasi yang memberikan kebebasan komunikasi dan sosialisasi dengan siapa pun dan kapan pun tanpa batas. Maka, manusia khususnya remaja, dalam hal ini peserta didik harus mampu menyaring informasi dan selalu menanamkan akhlak terpuji. Memiliki akhlak yang baik menjadikan kehidupan manusia bermanfaat dan membentuk pribadi yang mulia. Dimana salah satu tujuan pendidikan yaitu menjadikan manusia berakhlak mulia. Upaya yang dapat dilakukan dalam bidang pendidikan adalah melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler dapat dilakukan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan memasukkan materi akhlak pada semua mata pelajaran. Sedangkan dalam kegiatan ekstrakurikuler dapat ditunjukkan dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, yang mendorong peserta didik untuk berminat mengikuti. Dalam hal ini ekstrakurikuler keagamaan di SMKN 1 Pogalan dikenal dengan istilah ISC (Islamic Student Community). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah hubungan minat mengikuti kegiatan kerohanian Islam (Rohis) terhadap akhlak peserta didik kepada Allah Swt di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan Trenggalek ?, (2) Adakah hubungan minat mengikuti kegiatan kerohanian Islam (Rohis) terhadap akhlak peserta didik kepada sesama manusia di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan Trenggalek ?, dan (3) Adakah hubungan minat mengikuti kegiatan kerohanian Islam (Rohis) terhadap akhlak peserta didik kepada alam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan Trenggalek ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hubungan minat mengikuti kegiatan kerohanian Islam (Rohis) terhadap akhlak peserta didik kepada Allah SWT di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan Trenggalek, (2) Untuk mengetahui hubungan minat mengikuti kegiatan kerohanian Islam (Rohis) terhadap akhlak peserta didik kepada sesama manusia di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan Trenggalek, dan (3) Untuk mengetahui hubungan minat mengikuti kegiatan kerohanian Islam (Rohis) terhadap akhlak peserta didik kepada alam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan Trenggalek. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat siswa dalam mengikuti kegiatan kerohanian Islam dan akhlak peserta didik kepada Allah Swt, sesama manusia dan alam di SMKN 1 Pogalan Trenggalek. Observasi digunakan untuk mengamati sikap dan perilaku peserta didik ketika kegiatan berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan menggali data tentang sekolah dan ekstrakurikuler ISC. Sampel yang digunakan 33 peserta didik yang aktif mengikuti ISC. Uji hipotesis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara minat mengikuti kegiatan kerohanian Islam terhadap akhlak peserta didik kepada Allah Swt dengan nilai signifikansi 0,003 yang mana lebih kecil daripada 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak. (2) Ada hubungan yang signifikan antara minat mengikuti kegiatan kerohanian Islam terhadap akhlak peserta didik kepada sesama manusia dengan nilai signifikansi 0,007 yang mana lebih kecil daripada 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak. (3) Ada hubungan yang signifikan antara minat mengikuti kegiatan kerohanian Islam terhadap akhlak peserta didik kepada alam dengan nilai signifikansi 0,000 yang mana lebih kecil daripada 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anisatu Rohmah 17201163340 |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 06:36 |
Last Modified: | 07 May 2021 03:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16300 |
Actions (login required)
View Item |