KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG

CHUSNUL NUR HIDAYAH, 17205163182 (2020) KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Chusnul Nur Hidayah, NIM. 17205163182, dibimbing oleh Ibu Musrikah M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada proses pembelajaran khususnya pembelajaran tematik. Dalam pembelajaran tematik ini lebih menekankan praktik secara langsung dan mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari- hari siswa. Guru dituntut untuk memiliki banyak ide- ide untuk menyajikan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, maka siswa akan berminat untuk mengikuti pembelajaran. Bentuk kreativitas guru dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan cara mengembangkan metode pembelajaran, memanfaatkan media pembelajaran serta pengelolaan kelas yang baik. Dengan kreativitas guru tersebut diharapkan dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran serta dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam menggunakan metode pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran tematik di kelas V MIN 1 Tulungagung ?; (2) Bagaimana upaya guru dalam menggunakan media pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran tematik di kelas V MIN 1 Tulungagung ?; (3) Bagaimana upaya guru dalam pengelolaan kelas untuk mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran tematik di kelas V MIN 1 Tulungagung ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di MIN 1 Tulungagung. Sumber data yang diperoleh ada dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan serta triangulasi. Hasil penelitian: (1) Guru menggunakan beberapa metode pembelajaran dalam pembelajaran tematik yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode eksperimen, metode diskusi, metode latihan dan pemberian tugas, metode yang digunakan bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa, penggunaan metode pembelajaran yang tepat dapat memberikan manfaat terhadap guru dan siswa. (2) media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran tematik adalah media visual seperti gambar, modul, buku, serta benda- benda disekitar kita yang dapat disentuh langsung oleh siswa, guru tidak selalu menggunakan media setiap pertemuan karena penggunaan media disesuaikan dengan materi serta kebutuhan siswa, ada beberapa kendala serta manfaat dalam mengembangkan media pembelajaran. (3) Pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru yaitu menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan dengan menghias ruangan dan menjaga kebersihan, membentuk tata tertib kelas untuk melatih kedisiplinan siswa, menata tempat duduk siswa serta menciptakan kondisi belajar yang nyaman, hal- hal tersebut secara tidak langsung dapat membantu mengatasi kesulitan belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: CHUSNUL NUR HIDAYAH 17205163182
Date Deposited: 04 Sep 2020 07:33
Last Modified: 04 Sep 2020 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16350

Actions (login required)

View Item View Item