CHUSNUL NUR HIDAYAH, 17205163182 (2020) KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Chusnul Nur Hidayah, NIM. 17205163182, dibimbing oleh Ibu Musrikah M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada proses pembelajaran khususnya pembelajaran tematik. Dalam pembelajaran tematik ini lebih menekankan praktik secara langsung dan mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari- hari siswa. Guru dituntut untuk memiliki banyak ide- ide untuk menyajikan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, maka siswa akan berminat untuk mengikuti pembelajaran. Bentuk kreativitas guru dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan cara mengembangkan metode pembelajaran, memanfaatkan media pembelajaran serta pengelolaan kelas yang baik. Dengan kreativitas guru tersebut diharapkan dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran serta dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam menggunakan metode pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran tematik di kelas V MIN 1 Tulungagung ?; (2) Bagaimana upaya guru dalam menggunakan media pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran tematik di kelas V MIN 1 Tulungagung ?; (3) Bagaimana upaya guru dalam pengelolaan kelas untuk mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran tematik di kelas V MIN 1 Tulungagung ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di MIN 1 Tulungagung. Sumber data yang diperoleh ada dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan serta triangulasi. Hasil penelitian: (1) Guru menggunakan beberapa metode pembelajaran dalam pembelajaran tematik yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode eksperimen, metode diskusi, metode latihan dan pemberian tugas, metode yang digunakan bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa, penggunaan metode pembelajaran yang tepat dapat memberikan manfaat terhadap guru dan siswa. (2) media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran tematik adalah media visual seperti gambar, modul, buku, serta benda- benda disekitar kita yang dapat disentuh langsung oleh siswa, guru tidak selalu menggunakan media setiap pertemuan karena penggunaan media disesuaikan dengan materi serta kebutuhan siswa, ada beberapa kendala serta manfaat dalam mengembangkan media pembelajaran. (3) Pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru yaitu menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan dengan menghias ruangan dan menjaga kebersihan, membentuk tata tertib kelas untuk melatih kedisiplinan siswa, menata tempat duduk siswa serta menciptakan kondisi belajar yang nyaman, hal- hal tersebut secara tidak langsung dapat membantu mengatasi kesulitan belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | CHUSNUL NUR HIDAYAH 17205163182 |
Date Deposited: | 04 Sep 2020 07:33 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 07:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16350 |
Actions (login required)
View Item |