ELMA BAYU RETNO, 17205163335 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI - NILAI PENDIDIKAN MORAL SISWA DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (577kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (264kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (443kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (367kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (200kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (311kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Moral Siswa Di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Elma Bayu Retno, NIM. 17205163335, pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Moral Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pada era globalisasi moral anak yang semakin hari semakin merosot. Moral diartikan sebagai tabiat atau kelakuan. Kata moral selalu mengacu pada baik buruknya perbuatan manusia sebagai manusia. Pendidikan moral adalah hal yang sangat penting yang dibutuhkan oleh setiap siswa, karena dapat membentuk pribadi siswa menjadi manusia berakhlakul karimah dimanapun mereka berada. Metode yang digunakan yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan dan metode pelajaran atau nasehat. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai moral ketuhanan siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai moral individual siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai moral sosial siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai moral ketuhanan siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai moral individual siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai moral sosial siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Penelitian ini dilakukan di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru dan sebagian siswa kelas 1 dan 5. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulannya data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Paparan data dan analisis data dilakukan dengan teknik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat. Hasil penelitian yang dilakukan di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung adalah (1) Strategi yang digunakan dalam menanamkan nilaimoral ketuhanan siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung yaitu dengan penanaman supaya siswa terbiasa hidup takwa kepada Tuhan dan memohon ampun kepada Tuhan, beryukur kepada Tuhan dan Percaya dengan adanya Tuhan. Strategi guru dalam penanaman nilai moral ketuhanan siswa berbentuk solusi dalam mengatasi hambatan dengan guru bekerjasama untuk melakukan upaya pemberian pelajaran atau nasehat terhadap siswa yang melanggar nilai moral ketuhanan, Menjalin kerjasama antara sekolah dengan wali murid, Mengadakan rapat untuk para guru. (2) Strategi guru dalam menanamkan nilai moral individual siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung yaitu dengan penanaman supaya siswa terbiasa hidup jujur, tanggung jawab, disiplinan, menghormati orang yang lebih tua dan adil. Yang ke dua strategi guru dalam penanaman nilai moral individual siswa berbentuk solusi dalam mengatasi hambatan. (3) Strategi guru dalam menanamkan nilai moral sosial siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung yaitu dengan penanaman supaya siswa terbiasa hidup rukun, tolong menolong dan bekerja sama. Selanjutnya strategi guru dalam penanaman nilai moral sosial siswa berbentuk solusi dalam mengatasi hambatan dengan mengadakan pendekatan langsung kepada siswa yang moral sosialnya bermasalah dengan pemberian pelajaran atau nasehat menjalin hubungan dengan baik antara sekolah dengan wali murid.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | ELMA BAYU RETNO 17205163335 |
Date Deposited: | 07 Sep 2020 04:51 |
Last Modified: | 07 May 2021 03:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16379 |
Actions (login required)
View Item |