KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA DI MTS MA'ARIF NU KOTA BLITAR

YULIANA FASILIA, 17204163189 (2020) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA DI MTS MA'ARIF NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (726kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (415kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Kemampuan Akademik Siswa di MTs Ma’arif NU Kota Blitar” ini ditulis oleh Yuliana Fasilia, NIM 17204163189, pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. NIDN. 0705078305 Kata Kunci: Literasi Matematika, Kemampuan Akademik, PISA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan literasi matematika siswa yang rendah dalam menyelesaikan soal PISA. Hal ini ditunjukkan dari belum mampunya siswa dalam menyelesaikan masalah yang bentuknya merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika ke dalam berbagai konteks. Seharusnya dalam proses pemecahan masalah, siswa harus terlebih dahulu memahami masalah, siswa harus membaca soal. Dilanjutkan menentukan strategi yang akan dipakai dalam memecahkan masalah, dan yang terakhir memeriksa kembali solusi dan jawaban untuk meyakinkan bahwa pekerjaannya telah benar. Berdasarkan hasil yang didapat tentu perlu adanya usaha untuk melakukan perubahan guna memperbaiki kemampuan literasi matematika siswa. Seperti halnya sering memberikan soal-soal yang berbasis PISA. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan tinggi di kelas VIII MTs Ma’arif NU Kota Blitar, 2). Mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan sedang di kelas VIII MTs Ma’arif NU Kota Blitar, 3). Mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan rendah di kelas VIII MTs Ma’arif NU Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di MTs Ma’arif NU Kota Blitar. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan 4 soal uraian yang berbasis PISA. Wawancara dilaksanakan untuk mengetahui secara mendalam kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal yang dilakukan 3 siswa dari 30 siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan akademik siswa yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengelolah data dari dua sumber, yaitu data hasil tes dan wawancara. Kedua data tersebut nantinya akan menunjukkan respon siswa terhadap tes yang telah dilakukan. Dalam penelitian ini untuk menganalisis tingkat kemampuan literasi matematika siswa mengacu pada indikator literasi matematika PISA yang merumuskan tingkat atau level kemampuan literasi matematika terdiri dari 4 level. Hasil penelitian ini adalah (1). Siswa berkemampuan tinggi mampu menyelesaikan soal PISA pada level 1, 2, dan 3 sehingga kemampuan literasi matematika siswa berada pada level 3; (2). Siswa berkemampuan sedang mampu menyelesaikan soal PISA pada level 1 dan 2 sehingga kemampuan literasi matematika siswa berada pada level 2; dan (3). Siswa berkemampuan rendah mampuxix menyelesaikan soal PISA pada level 1 dan 2 sehingga kemampuan literasi matematika siswa berada pada level 2.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: YULIANA FASILIA 17204163189
Date Deposited: 07 Sep 2020 07:37
Last Modified: 07 Sep 2020 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16394

Actions (login required)

View Item View Item