UPAYA GURU SKI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BLITAR

KUNY NAYLA M, 17201163440 (2020) UPAYA GURU SKI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini di tulis oleh Kuny Nayla M, NIM. 17201163440, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X di MAN 1 Blitar”, yang dibimbing oleh Dr. Sokip, M.Pd.I. Kata kunci: Guru SKI, Prestasi Belajar Penelitian di dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah keadaan dimana kurangya minat belajar siswa khususya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, karakteristik mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang berupa bacaan masih banyak dikeluhkan siswa, masih banyak siswa yang kurang fokus ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung sehingga hal tersebut mempengaruhi prestasi belajar mereka, maka hal tersebut mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang bagaimana upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan belajar siswa kelas X di MAN 1 Blitar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Guru SKI dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X di MAN 1 Blitar? (2) Bagaimana Pelaksanaan Guru SKI dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X di MAN 1 Blitar? (3) Bagaimana Guru SKI Mengevaluasi Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X di MAN 1 Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Mendeskripsikan Perencanaan Guru SKI dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X di MAN 1 Blitar. (2) Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Guru SKI dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X di MAN 1 Blitar. (3) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi Guru SKI dalam Upaya Menigkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X di MAN 1 Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala MAN 1 Blitar, hasil penelitian ini bisa menjadi acuan untuk mengambil kebijakan yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa MAN 1 Blitar. Bagi guru atau pendidik MAN 1 Blitar penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi guru tentang upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Bagi siswa MAN 1 Blitar penelitian ini diharapkan bisa digunakan sebagai bahan kajian dan reningan untuk memperbaiki prestasi belajar. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunanakan teknik analisis data yang berupa reduksi data, display data, dan penyimpulan data. Pengecekan keabsahandata dapat dilakukan dengan kredibility, transferability, dependability, dan konfirmability. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru Sejarah Kebudayaan Islam sudah melaksanakan kinerjanya dengan baik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran. Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa antara lain adalah (1) melakukan perencanaan dengan baik dan matang, (2) melaksanakan proses pebelajaran sesuai dengan apa yang sudah dirancang dalam RPP, beliau, menggunakan metode yang bervariasi agar siswa lebih mudah dalam memahami materi, (3) Selanjutnya upaya guru SKI dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X melalui evaluasi adalah dengan memberikan penilaian melalui tugas-tugas baik tugas rumah, tugas kelompok, maupun tugas mandiri, ulangan harian, ulangan tengah semester, dan akhir semester, serta memberikan penilaian juga pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan melihat sikap dan antusias siswa dalam proses pembelajaran. Tugas-tugas diberikan kepada siswa agar siswa lebih giat dalam belajar. Lalu jika dalam penilaian ada siswa yang belum memenuhi KKM maka guru akan mengadakan remidial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163440 KUNY NAYLA M
Date Deposited: 15 Sep 2020 03:17
Last Modified: 15 Sep 2020 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16406

Actions (login required)

View Item View Item