STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ULFATUN NIKMAH WANNUR AINI, 17201163317 (2020) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (368kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (44kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Madrasah dalam Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh, Ulfatun Nikmah Wannur Aini, NIM.17201163317, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Drs.Nurul Hidayat, M.Ag. Kata kunci: Strategi Kepala Madrasah, Karakter Religius Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kebijakan kepala madrasah yang sangat berpengaruh pada pembinaan karakter peserta didik. Kepala madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan dan memimpin sebuah lembaga pendidikan yang berkualitas. Untuk mengelola lembaga pendidikan yang berkualitas, diperlukan strategi yang sesuai, kemudian dilaksanakan dan dilakukan bersama warga madrasah. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi kepala madrasah dalam pembinaan karakter religius peserta didik di madrasah, agar menjadi madrasah yang berkualitas dan religius. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pembiasaan, keteladanan, internalisasi nilai dan pembudayaan kepala madrasah dalam pembinaan karakter religius peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan strategi kepala madrasah dalam pembinaan karakter religius peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana dampak strategi kepala madrasah dalam pembinaan karakter religius peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, ketekunan pengamatan dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Strategi pembiasaan, keteladanan, internalisasi nilai dan pembudayaan kepala madrasah dalam pembinaan karakter religius peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung adalah dengan membiasakan, memberi keteladanan, internalisasi nilai dan membudayakan. (2) Hambatan strategi kepala madrasah dalam pembinaan karakter religius peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung yaitu: a) faktor internal, meliputi 1), kurangnya motivasi dan minat siswa dan 2) kurangnya kedisiplinan, b) faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga yang kurang agamis. (3) Dampak strategi kepala madrasah dalm pembinaan karakter religius peserta didik di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung adalah: a) dapat meningkatkan mutu dan kualitas madrasah, b) berkembangnya program madrasah, c) perilaku kebiasaan beribadah seperti sholat dhuhur dan sholat dhuha berjamaah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163317 ULFATUN NIKMAH WANNUR AINI
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:02
Last Modified: 11 Sep 2020 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16441

Actions (login required)

View Item View Item