ANALISIS STRATEGI PENGELOLAAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI OBJEK WISATA SPLASH WATERPARK BENDILWUNGU, SUMBERGEMPOL, TULUNGAGUNG

HENI PUSPITASARI, 17209163023 (2020) ANALISIS STRATEGI PENGELOLAAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI OBJEK WISATA SPLASH WATERPARK BENDILWUNGU, SUMBERGEMPOL, TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (706kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (504kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Pengelolaan dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Objek Wisata Splash Waterpark Bendilwungu, Sumbergempol, Tulungagung” ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menentukan strategi pengembangan suatu objek pariwisata, karena tanpa strategi yang tepat sektor pariwisata akan menjadi tidak menarik bagi wisatawan dan berdampak pada sepinya wisatawan yang datang pada suatu daerah karena tidak memiliki destinasi pariwisata yang menarik. Hal ini akan mengakibatkan berkurangnya pemasukan daerah tempat wisata dan berakibat juga pada kualitas sumber daya manusia di tempat tersebut karena hilangnya peran objek wisata tersebut dalam memberikan lapangan pekerjaan pada masyarakat sekitar objek wisata. Objek penelitian ini adalah Splash Waterpark, dimana dalam masa pengembanganya Splash Waterpark masih banyak mengalami kesulitan seperti mengalami penurunan minat pengunjung untuk berlibur di Splash Water Park. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pihak pengelola untuk mengatasi masalah tersebut seperti menurunkan tarif tiket masuk, memberikan sarana transportasi antar jemput, dan berusaha menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan. namun dari upaya-upaya yang telah dilakukan tersebut belum mampu meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikan karena presentase jumlah pengunjung pada periode selanjutnya masih fluktuatif. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui strategi pengelolaan objek wisata Splash Waterpark, 2) untuk mengetahui faktor internal dan eksternal objek wisata Splash Waterpark, 3) untuk mengetahui alternatif strategi yang menjadi prioritas di objek wisata Splash Waterpark. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan instrument berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik snowbal sampling. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT dan AHP dengan menggunakan bantuan aplikasi expert choice versi 11.0. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Splash Waterpark berada pada kuadran I, yang menunjukkan bahwa Splash Waterpark memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan pada masa yang akan datang karena memiliki peluang dan kekuatan yang mendukung. Hasil analisis AHP menunjukkan bahwa kriteria atau alternatif strategi yang menjadi prioritas dalam pengelolaan Splash Waterpark adalah dengan memberikan promosi yang menarik bagi pengunjung dengan nilai 0,264. Kata kunci: Pengelolaan Pariwisata, Strengths, Weaknesses, Opportunity, Thretas (SWOT), Analytical Hierarchi Process (AHP).

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163023 Heni Puspitasari
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:59
Last Modified: 11 Sep 2020 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16442

Actions (login required)

View Item View Item