ISNA AYYUSSAUR RAHMA, 17207163072 (2020) PERAN KEPALA TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (340kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (314kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (410kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (166kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepala Tata Usaha dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 1 Sumbergempol”, ini ditulis oleh Isna Ayyussaur Rahma, NIM.17207163072. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Luluk Indarti M.Pd.I, NIDN.2008057804. Kata Kunci : Peran , Kepala Tata Usaha, Meningkatkan Kinerja. Kepala tenaga administrasi dapat disebut sebagai seorang manajer administratif di sekolah. Kepala tenaga administratif memiliki peran penting dalam mengatur kegiatan administrasi di sekolah sehingga harus memiliki kemampuan manajerial. Tenaga administrasi sekolah dapat diartikan sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kualifikasi dan kompetensi untuk mengerjakan hal- hal yang meliputi pencatatan dan tulis menulis untuk menunjang kegiatan sekolah. Tenaga administrasi sekolah adalah tenaga kependidikan yang bertugas memberikan dukungan layanan administrasi guna terselenggaranya proses pendidikan di sekolah. Mereka adalah non teaching staff yang bertugas di sekolah yang sering disebut dengan Tata Usaha (TU). Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana Kepemimpinan Kepala Tata Usaha di SMP Negeri 1 Sumbergempol? 2) Bagaimana Kinerja Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 1 Sumbergempol? 3) Bagaimana Strategi Kepala Tata Usaha dalam Meningkatkan Kinerja di SMP Negeri 1 Sumbergempol? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui kepemimpinan Kepala Tata Usaha di SMPN 1 Sumbergempol. 2) Mengetahui kinerja Tenaga Kependidikan di SMPN 1 Sumbergempol. 3) Mengetahui strategi Kepala Tata Usaha dalam meningkatkan kinerja Tenaga Kependidikan di SMPN 1 Sumbergempol. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi. Analisis datanya menggunakan pola interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjang keikutsertaan, keajekan pengamatan dan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa :Pertama; kepemimpinan yang digunakan kepala tata usaha dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan adalah gaya kepemimpinan demokratis, selalu menjaga komunikasi yang baik antar pegawai, menerima kritik dan saran yang diajukan pegawai serta memudahkan pegawai dengan memberikan penugasan sesuai keahlian masing masing. Kedua ; Kinerja tenaga kependikan di SMP Negeri 1 Sumbergempol sudah baik yakni jika dipresentase 90%, Kepala tata usaha bertanggung jawab penuh atas kinerja yang dilakukan tenaga kependikan. Dalam pelaksanaannya terdapat faktor pndukung dan penghambat peningkatan kinerja tenaga kependidikan.Ketiga; Dalam pembentukan strategi terdapat 3 tahap : 1) Perencanaan strategi, 2) Implementasi strategi, dan 3) Evaluasi strategi. Strategi yang digunakan kepala tata usaha di SMP Negeri 1 Sumbergempol antara lain : 1) Disiplin kerja dan waktu, 2) memotivasi pegawai, 3) Memberikan pengarahan, 4) komunikasi yang harmonis, 5) pemberian hadiah (Reward), 6) pembinaan dan pelatihan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207163072 ISNA AYYUSSAUR RAHMA |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 02:13 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 02:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16455 |
Actions (login required)
View Item |