CAHYA AGUSTINA, 17207163075 (2020) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (675kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (405kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTsN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh CAHYA AGUSTINA, NIM. 17207163075, Jurusan Maajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh ibu Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Mutu Pendidikan Lembaga pendidikan dituntut untuk mengembangkan serta memajukan mutu pendidikannya. Dalam mengatasi tuntutan mutu pendidikan tersebut, maka perlu adanya upaya yang maksimal dari pihak pengelola madrasah. Kegiatan pengelolaannya yakni manajemen kesiswaan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini menjadi alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses perencanaan penerimaan peserta didik baru dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek (2) Bagaimana proses pembinaan yang dilakukan manajemen kesiswaan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek (3)Apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen kesiswaan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses perencanaan penerimaan peserta didik baru dan proses pembinaan manajemen kesiswaan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek serta menjelaskan faktor pendukung dan penghambat manajemen kesiswaan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan merupakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Sumber data penelitian ini meliputi, 1) person (orang) yaitu, (a) kepala sekolah, (b) Waka Kesiswaan, (c) guru, dan (d) KTU. 2) paper (kertas/dokumen) yaitu, berupa dokumentasi foto-foto kegiatan hubungan dengan peningkatan mutu . 3) place (tempat) yaitu, di MTsN 1 Trenggalek Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verification. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triagulasi sumber, metode, dan penyelidikan. Kemudian hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan 3 jalur, yaitu jalur olimpiade , Jalur bakat minat dan jalur regulernya selanjutnya proses pembinaan siswa pelaksanaan pembinaan siswa terdiri dari (a) Pembinaan disiplin siswa, dengan adanya tata tertib dan pengawasan (b) Pembinaan akademik(c) Pembinaan non akademik melalui kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan minat siswa. Kemudian Faktor pendukung dan penghambat , untuk faktor pedukung a) tersedianya fasilitas yang lengkap b)SDM yang berpotensi dan untuk faktor penghambat a) adanya sarana dan prasarana yang belum terwujud.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207163075 CAHYA AGUSTINA |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 06:34 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 06:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16458 |
Actions (login required)
View Item |