PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V MIN PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG

Irna, Hidayati (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V MIN PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V MIN Pandansari Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Irna Hidayati, NIM. 3217113052, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Drs. H. Jani, MM. M.Pd. Kata kunci: Kooperatif, Make a Match, Hasil Belajar IPS. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyebab kurangnya hasil belajar IPS kelas V MIN Pandansari adalah siswa kurang memperhatikan penjelasan materi guru ketika dalam proses pembelajaran berlangsung, sehingga siswa menjadi kurang aktif. Kondisi tersebut disebabkan oleh cara mengajar guru yang masih menggunakan metode ceramah sehingga semangat belajar siswa menurun dan siswa menjadi kurang aktif. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match sebagai salah satu model yang dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menyenangkan, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1). Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia siswa kelas V MIN Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2014/2015? (2). Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia siswa kelas V MIN Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2014/2015? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1). Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia siswa kelas V MIN Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. (2). Mendeskripsikan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia siswa kelas V MIN Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 74. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model make a match dengan langkah-langkahnya yaitu 1). Pembagian kelas menjadi 2 kelompok yaitu A dan B 2). Pembagian potongan kartu soal dan kartu jawaban 3). Siswa mencocokkan kartu yang dipegang dengan pasangannya lain 4). Peneliti memanggil satu pasangan untuk mempresentasikannya di depan kelas dan menempelkannya dikertas manila yang disediakan begitu seterusnya sampai seluruh pasangan melakukan presentasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 72,71 (58,33%), sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 86,46 (87,5%) dan berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 13,75. Dari data tersebut terlihat bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V MIN Pandansari Ngunut Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Irna Hidayati
Date Deposited: 09 Sep 2015 01:44
Last Modified: 09 Sep 2015 01:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1652

Actions (login required)

View Item View Item