MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 JOMBANG

KHOYYIR NAFA AL-LATHIFAH, 17207163069 (2020) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)

Abstract

Skripsi dengan judul " Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang" ini ditulis oleh Khoyyir Nafa Al-Lathifah, NIM 17207163069 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2020, Dosen Pembimbing: Drs. H. Masduki, M.Ag., NIP. 19620708 199803 1 001. Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Kualitas Pendidikan dalam pengertian secara umum merupakan proses transmisi pengetahuan dari satu orang kepada orang lainnya dari satu generasi ke generasi yang lainnya. Sekolah sebagai institusi pendidikan yang merupakan tempat proses pendidikan dilakukan, memiliki sistem yang kompleks dan dinamis. Kurikulum harus selalu memperhatikan perkembangan-perkembangan yang ada, baik pada lingkup ilmu pengetahuan, tekhnologi, agama, tuntutan dunia kerja, maupun yang lainnya. Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang ditunjuk sebagai salah satu Madrasah yang menerapkan pengembangan kurikulum 2013 berupa kurikulum Sistem Kredit Semester berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri, hal tersebut yang melatarbelakangi peneliti melaukan penelitian ini. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang?,(2) Bagaimana Pelaksanaan Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang?,(3) Bagaimana Evaluasi Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang?. Penelitian ini jika dilihat dari sumber datanya, penelitian ini menggunakan data data primer dan sekunder. Sedangkan jenis datanya, pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu; wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yakni; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian meliputi: (1) Perencanaan Kurikulum di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang meliputi perencanaan kurikulum Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang disusun mengacu pada petunjuk teknis yang diterima Madrasah dari Direktoral Jendral Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2019 dengan melibatkan stakeholder Madrasah. meskipun penyusunan mengacu pada juklis tersebut tetapi tetap melalui pertimbangan pihak Madrasah yang berada di lingkungan Pondok Pesantren, sehingga penyusunannya menyesuaikan dengan kondisi Madrasah. (2) Pelaksanaan Kurikulum di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang adalah Pelaksanaan kurikulum mengacu pada petunjuk teknis yang diterima Madrasah dari Direktoral Jendral Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2019 dan diseuaikan dengan kebutuhan minat, bakat dan kemampuan belajar yang dimiliki siswa. Pembelajaran berlangsung dengan menggunakan UKBM sebagai pendamping pembelajaran. Guru sebagai fasilitatir sehingga peran guru hanya 30% dan 70%nya siswa belajar secara mandiri untuk menyelesaiakn UKBM dengan cepat dan tepat. Siswa dengan kecepatan belajar cepat dapat melanjutkan ke KD selanjutnya namun bagi siswa yang memiliki kemampuan belajar lambat tidak dapat melanjutkan ke KD selanjutnya dan harus mengulang di KD tersebut. (3) Evaluasi Kurikulum di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang yakni evaluasi kuriklum dilakukan dengan melakukan pengawasan dan pengontrolan setiap hari oleh Tim Pengembang Kurikulum serta diadakan juga evaluasi secara internal oleh pihak Madrasah dan Tim Pengembang Kuriklum maupun evaluasi eksternal yang diadakan oleh pihak pusat. Penilain siswa melalui kecepatan siswa dalam menyelesaikan KD yang ada di UKBM dengan cepat dan tepat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163069 KHOYYIR NAFA AL-LATHIFAH
Date Deposited: 14 Sep 2020 05:00
Last Modified: 14 Sep 2020 05:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16520

Actions (login required)

View Item View Item