ERIK ERMAYANTI, 17205163100 (2020) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (817kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (371kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal di MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Erik Ermayanti, NIM. 17205163100, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dibimbing oleh Hj. Indah Khomsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Penerapan pendidikan karakter, budaya lokal, peduli, disiplin, tanggung jawab Latar belakang penelitian ini adalah adanya kondisi moral pada diri anak dizaman sekarang yang memprihatinkan. Banyak anak-anak yang mempunyai perilaku kurang baik seperti kurangnya kesopanan terhadap guru, berkata kotor, tidak disiplin dalam segala hal, melemahnya kepedulian anak terhadap orang lain dan lingkunganya, serta lunturnya rasa tanggung jawab pada diri anak. Hal tersebut disebabkan dari kurangnya perhatian dan pantauan orang tua maupun pengaruh dari lingkungan disekitarnya. Dengan adanya fenomena tersebut, maka perlu solusi untuk mengatasinya. MIN 3 Tulungagung merupakan salah satu madrasah yang menanamkan kegiatan-kegiatan positif dalam menerapkan pendidikan karakter berbasis budaya lokal. Berangkat dari hal tersebut peneliti mengangkat judul Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal di MIN 3 Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter berbasis budaya lokal untuk menumbuhkan sikap peduli pada peserta didik di MIN 3 Tulungagung? 2) Bagaimana penerapan pendidikan karakter berbasis budaya lokal untuk menumbuhkan sikap disiplin pada peserta didik di MIN 3 Tulungagung? 3) Bagaimana penerapan pendidikan karakter berbasis budaya lokal untuk menumbuhkan sikap tanggung jawab pada peserta didik di MIN 3 Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter berbasis budaya lokal untuk menumbuhkan sikap peduli pada peserta didik di MIN 3 Tulungagung 2) Untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter berbasis budaya lokal untuk menumbuhkan sikap disiplin pada peserta didik di MIN 3 Tulungagung 3) Untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter berbasis budaya lokal untuk menumbuhkan sikap tanggung jawab pada peserta didik di MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini dilakukan di MIN 3 Tulungagung menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian kualitatif studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata yang dianalisis dengan cara reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), menarik kesimpulan (conclusions drawing/ verification). Hasil penelitian mengenai penerapan pendidikan karakter berbasis budaya lokal di MIN 3 Tulungagung menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pendidikan karakter berbasis budaya lokal untuk menumbuhkan sikap peduli pada peserta didik di MIN 3 Tulungagung sudah berjalan dengan cukup baik. Sikap peduli peserta didik dapat ditanamkan melalui keteladanan dan pembiasaan. Selain hal tersebut, sikap peduli juga dapat ditanamkan melalui pembiasaan yang dilakukan sehari-hari agar peserta didik terbiasa untuk bersikap peduli kepada lingkungan dan sosial. Selain melalui keteladanan dan pembiasan, sikap peduli pada peserta didik dapat ditumbuhkan melalui nasihat dan motivasi yang diberikan guru. 2) Penerapan pendidikan karakter berbasis budaya lokal untuk menumbuhkan sikap disiplin pada peserta didik di MIN 3 Tulungagung sudah baik. Sikap disiplin di MIN 3 Tulungagung dapat ditanamkan dengan beberapa upaya yaitu melalui pembiasaan datang tepat waktu dan kegiatan sholat dhuha serta sholat dhuhur berjamaah. Selain dengan pembiasaan, sikap disiplin juga dapat ditumbuhkan dengan cara keteladanan, guru membuat tata tertib di dalam kelas agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, guru membantu peserta didik dalam mengembangkan pola perilaku, serta guru memberikan motivasi dan nasihat mengenai pentingnya bersikap disiplin. 3) Penerapan pendidikan karakter berbasis budaya lokal untuk menumbuhkan sikap tanggung jawab pada peserta didik di MIN 3 Tulungagung sudah cukup baik. Sikap tanggung jawab peserta didik dapat ditanamkan dengan beberapa upaya yaitu dengan memberikan tugas atau pekerjaan rumah (PR) kepada peserta didik, memberikan sanksi bagi peserta didik yang melanggar tata tertib, memberikan kepercayaan pada peserta didik serta memberikan nasihat dan motivasi yang bisa membuat diri peserta didik lebih bertanggung jawab.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163100 ERIK ERMAYANTI |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 02:28 |
Last Modified: | 21 Sep 2020 02:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16562 |
Actions (login required)
View Item |