IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TAWADHU’ SISWA DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG

ELLY SOFI ZUHANA, 17205163215 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TAWADHU’ SISWA DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Tawadhu’ siswa di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Elly Sofi Zuhana, NIM 17205163215, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Prof.Dr.H.Imam Fu’adi, M.Ag Kata Kunci: Pembelajaran Aqidah Akhlak, Pembentukan Karakter Tawadhu’ Siswa Penelitian pada skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang akhir akhir ini banyak siswa yang mulai rendah akhlaknya. Pembelajaran aqidah akhlak adalah pembelajaran yang memberikan bimbingan atau pengajaran kepada peserta didik untuk menjadi insan yang lebih baik. Didalam pembelajaran aqidah akhlak terkandung nilai-nilai pendidikan seperti nasihat, keteladanan, perintah dan hukuman. Pembelajaran aqidah akhlak sangat mempengaruhi pembentukan karakter tawadhu’ siswa. Sehingga guru menggunakan strategi dan metode untuk tercapainya sebuah tujuan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam pembentukan karakter tawadhu’ siswa terhadap guru di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? 2) Bagaimana implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam pembentukan karakter tawadhu’ siswa terhadap orang tua di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? 3) Bagaimana implementasi pembelajaran aqidah akhlak dalam pembentukan karakter tawadhu’ siswa terhadap tenaga kependidikan di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran aqidah akhlak dalam pembentukan karakter tawadhu’ siswa terhadap guru di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. 2) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran aqidah akhlak dalam pembentukan karakter tawadhu’ siswa terhadap orang tua di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. 3) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran aqidah akhlak dalam pembentukan karakter tawadhu’ siswa terhadap tenaga kependidikan di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitiannya di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, data display, dan verifikasi/ penyimpulan data. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diadakan penelitian triangulasi teknik dan sumber.Hasil penelitiannya: 1) Penerapan pembelajaran aqidah akhlak dalam pembentukan karakter tawadhu’ siswa terhadap guru menggunakan model integrasi dengan strategi yang digunakan strategi active learning, cooperative learning, contextual teaching learning (CTL) dan ekspositori. Dalam mengimplementasikannya menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode pemberian nasehat, metode penghargaan dan metode hukuman. Hambatan yang terjadi faktor lingkungan keluarga broken home, dari diri peserta didik, dan pengaruh iptek. Upaya yang dilakukan dengan melakukan pendekatan, nasehat dan teguran secara langsung. 2) Penerapan pembelajaran aqidah akhlak dalam pembentukan karakter tawadhu’ siswa terhadap orang tua, guru menggunakan model integrasi, dengan strategi ekspositori. Dalam mengimplementasikannya menggunakan metode teladan, metode penghargaan dan metode pemberian nasehat kepada peserta didik. Hambatan yang terjadi anak sulit untuk diarahkan, sering menghiraukan semua nasehat yang diberikan guru, dan bertingkah semaunya sendiri. Cara mengatasinya guru melakukan kunjungan di rumah peserta didik untuk mencari informasi langsung kepada orang tuanya sebagi evaluasi proses pembelajaran. 3) Penerapan pembelajaran aqidah akhlak dalam pembentukan karakter tawadhu’ siswa terhadap tenaga kependidikan, menggunakan model integrasi, dengan strategi ekspositori. Dalam mengimplementasikannya menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan dan metode pemberian nasehat. Hambatan yang terjadi pergaulan siswa yang mudah mempengaruhi perilaku dan cara berpikir siswa. Upaya mengatasi masalah tersebut guru selalu memberikan nasihat dan teguran secara langsung kepada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163215 ELLY SOFI ZUHANA
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:10
Last Modified: 23 Sep 2020 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16574

Actions (login required)

View Item View Item