FITRI, AMALIA (2014) Efektivitas Metode Sema’an Sebagai Solusi Alternatif dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an Mahasiswa Tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Putri Al-Yamani Sumberdadi Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKANN.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAGIAN INTI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Metode sema’an, Menjaga hafalan Al-Qur’an Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1)Bagaimana efektivitas perencanaan metode sema’an sebagai solusi alternatif dalam menjaga hafalan Al-Qur’an mahasiswa tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Putri Al-Yamani Sumberdadi Sumbergempol Tulungagung?. 2) Bagaimana efektivitas pelaksanaan metode sema’an sebagai solusi alternatif dalam menjaga hafalan Al-Qur’an mahasiswa tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Putri Al-Yamani Sumberdadi Sumbergempol Tulungagung?. 3) Apa Faktor pendukung dan penghambat efektivitas metode sema’an sebagai solusi alternatif dalam menjaga hafalan Al-Qur’an mahasiswa tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Putri Al-Yamani Sumberdadi Sumbergempol Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1)Untuk mengetahui efektivitas perencanaan metode sema’an sebagai solusi alternatif dalam menjaga hafalan Al-Qur’an mahasiswa tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Putri Al-Yamani Sumberdadi Sumbergempol Tulungagung. 2)Untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan metode sema’an sebagai solusi alternatif dalam menjaga hafalan Al-Qur’an mahasiswa tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Putri Al-Yamani Sumberdadi Sumbergempol Tulungagung. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat efektivitas metode sema’an sebagai solusi alternatif dalam menjaga hafalan Al-Qur’an mahasiswa tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Putri Al-Yamani Sumberdadi Sumbergempol Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi pemimpin pesantren bisa menjadi acuan untuk mengambil kebijakan yang dapat meningkatkan kualitas menjaga hafalan santri terutama dilingkungan pesantren yang di pimpin, bagi Ustadz sebagai masukan untuk menemukan pendekatan pengajaran yang lebih baik bagi hafidzah/calon hafidzah sehingga menjaga hafalan Al-Qur’an akan semakin efektif, bagi peneliti yang akan datang diharapkan bisa menjadi pijakan dalam perumusan desain penelitian lanjutan yang lebih mendalam dan lebih komprehensif khususnya yang berkenaan dengan penelitian mengenai pengembangan metode sema’an dalam menjaga hafalan Al-Qur’an. Metode penelitian: Pendekan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik credibility, confirmability, transferability, dan dependenbility. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Efektivitas perencanaan metode sema’an dalam menjaga hafalan Al-Qur’an mahasiswa tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an Putri Al-Yamani di Sumberdadi Sumbergempol Tulungagung bila dilihat dari sistem yang diterapkan oleh Kyai dan pengurus sudah cukup efektif yakni dengan adanya sema’an Ahad Legi, sema’an Matqurisa, sema’an Kamis Legi, sema’an Ahad Pon, sema’an tambahan dan deresan kepada kyai, serta sema’an yang dilakukan pribadi santri tahfidz. Namun apabila dilihat dari perencanaan santri tahfidz itu sendiri belum efektif dan masih perlu pembenahan yang disesuaikan dengan aktivitas santri diluar menghafal Al- Qur’an. Karena perencanaan metode sema’an yang diterapkan selama ini masih kurang menunjang penguasaan santri dalam menjaga hafalan Al-Qur’an.2) Efektivitas pelaksanaan metode sema’an dalam menghafal Al-Qur’an mahasiswa tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an Putri Al-Yamani Sumberdadi Sumbergempol Tulungagung masih belum efektif dan belum sesuai dengan perencanaan yang dibuat. Masih ada banyak kendala yang menghambat santri hafidhoh dalam melaksanakan metode sema’an sesuai dengan yang ditentukan.3) Faktor pendukung efektivitas metode sema’an dalam menjaga hafalan Al-Qur’an mahasiswa tahfidz di Pondok Pesantren Tahfidz al-Qur’an Putri Al-Yamani Sumberdadi Sumbergempol Tulungagung antara lain motivasi Kyai dan semangat santri tahfidz untuk berhasil dalam menjalankan sunnah rosul (menghafalkan Al- Qur’an), dukungan dari teman, keluarga, maupun masyarakat merupakan suatu hal yang sangat santri tahfidz butuhkan agar tetap termotivasi dan menumbuhkan himmah yang tinggi untuk menghafal dan menjaga hafalan Al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambatnya secara garis besar dapat di simpulkan antara lain malas, kesulitan mencari tempat sema’an matqurisa karena kurangnya komunikasi antara santri Al-Yamani dan Remas Sumberdadi, santri tahfidz membaca secara binnadzor ketika sema’an di karenakan belum lanyah membaca secara bilghoib, kurang bisa membagi waktu antara mengerjakan tugas kuliah dan menghafalkan Al-Qur’an, lingkungan yang kurang kondusif , dan sibuknya santri Alumni dengan kehidupan rumah tangganya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 13 Nov 2014 04:13 |
Last Modified: | 13 Nov 2014 04:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/166 |
Actions (login required)
View Item |