PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ALAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi Multisitus di SD Sekolah Alam SAKA Kediri dan SD Alam Al-Ghifari Blitar)

AHMAD SUHERDI, 12506184004 (2020) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ALAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi Multisitus di SD Sekolah Alam SAKA Kediri dan SD Alam Al-Ghifari Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Alam dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Multisitus di SD Sekolah Alam SAKA Kediri dan SD Alam Al-Ghifari Blitar)” ini ditulis oleh Ahmad Suherdi dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag dan Dr. H. Zaini Fasha. M.Pd.I Kata kunci: Pendidikan Agama Islam Berbasis Alam, Membentuk Karakter Siswa Penelitian dalam Tesis ini dilatarbelakangi, bahwasanya Pembelajaran berbasis alam merupakan akternatif pembelajaran yang sedang dikembangkan di Indonesia. Pembelajaran berbasis alam bertujuan utuk mendidik siswa agar siswa tumbuh menjadi manusia yang tidak saja mampu memanfaatkan, namun juga dapat mencintai dan memelihara alam. Melalui konsep pembelajaran berbasis alam itu, para siswa didorong untuk dekat serta berinteraksi dengan alam. Mereka dapat berinteraksi dan megekplorasi alam disekitarnya. Dengan demikian, siswa merasa nyaman dan senang untuk berlama-lama belajar di sekolah. Fokus penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah: (1) Bagaimana Proses Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Alam dalam Membentuk Karakter Siswa di SD Sekolah Alam SAKA Kediri dan SD Alam Al-Ghifari Blitar? (2) Bagaimana Proses Interaksi Siswa dengan Alam dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Sekolah Alam SAKA Kediri dan SD Alam Al-Ghifari Blitar? (3) Bagaimana Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Alam dalam Membentuk Karakter Siswa di SD Sekolah Alam SAKA Kediri dan SD Alam Al-Ghifari Blitar? Tesis ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan Proses Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Alam dalam Membentuk Karakter Siswa di SD Sekolah Alam SAKA Kediri dan SD Alam Al-Ghifari Blitar. (2) Mendeskripsikan Proses Interaksi Siswa dengan Alam dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Sekolah Alam SAKA Kediri dan SD Alam Al-Ghifari Blitar. (3) Mendeskripsikan Pemanfaatan Media Pembelajaran Pedidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Alam dalam Membentuk Karakter Siswa di SD Sekolah Alam SAKA Kediri dan SD Alam Al-Ghifari Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui obsevasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data situs tunggal dan analisis data lintas situs hingga kemudian ditarik kesimpulan berbasarkan hasil analisis. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis alam dalam membentuk karakter siswa yaitu dengan mengajak siswa melakukan pembelajaran di alam. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) bukan yang mengatur kegiatan pembelajaran, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah sebagai pendamping dan pembimbing dalam belajar. Siswa sendiri yang merencanakan kegiatan belajar di lingkungan alam. Karakter yang terbentuk dari hasil penelitian di SD Sekolah Alam SAKA Kediri dan SD Alam Al-Ghifari Blitar pada fokus pertama adalah karakter bersahabat/berkomunikasi, karakter mandiri, karakter menghargai prestasi, karakter demokratis, karakter toleransi, karakter kreatif, karakter peduli lingkungan, karakter mandiri, dan karakter kerja keras. (2) Proses interaksi siswa dengan alam dalam pembentukan karakter yaitu Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mengajak siswa untuk belajar di lingkungan alam agar bisa berinteraksi secara langsung dengan alam. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadikan alam sebagai sumber dan media pembelajaran agar siswa bisa belajar dan berinteraksi dengan alam. Karakter siswa yang dapat terbentuk dari hasil penelitian di SD Sekolah Alam SAKA Kediri dan SD Alam Al-Ghifari Blitar pada fokus kedua adalah karakter peduli lingkungan, karakter mandiri, karakter kreatif, karakter rasa ingin tahu, karakter tanggung jawab, dan karakter bekerja keras. (3) Media alam digunakan guru PAI untuk menyampaikan materi pembelajaran. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadikan lingkungan sosial bermasyarakat sebagai media pembelajaran. Siswa diajarkan untuk membantu sesama manusia di lingkungan masyarakat. Dari situ akan membentuk karakter peduli sosial pada diri siswa. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan bahan-bahan bekas sebagai media pembelajaran. Siswa diajarkan membuat kreasi dari benda bekas seperti botol, plastik dan lain sebagainya. Semua kratifitas itu agar dapat mengurangi sampah-sampah di lingkungan alam. Karakter siswa yang dapat terbentuk dari hasil penelitian di SD Sekolah Alam SAKA Kediri dan SD Alam Al-Ghifari Blitar adalah karakter peduli sosial, karakter kreatif, dan karakter peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143032 AHMAD SUHERDI
Date Deposited: 22 Sep 2020 07:00
Last Modified: 22 Sep 2020 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16651

Actions (login required)

View Item View Item