PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III-A MI JATI SALAM GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG

SALAMAH, ROMDHOTUS (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III-A MI JATI SALAM GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL--SKRIPSII.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (28kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III-A (MI) Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung”. Ditulis oleh Romdhotus Salamah NIM: 3217113091, dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match,Hasil Belajar, Matematika. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah siswa banyak mengalami kesulitan belajar, realitanya di Madrasah Ibtidaiyah siswa sering diberi pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional dimana aktivitas pembelajaran kebanyakan didominasi oleh guru. Dengan model tersebut siswa menjadi kurang mandiri dan pasif, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Menyikapi masalah tersebut, perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match lebih aktif, menarik, dan menyenangkan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas III-A MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung pada pembelajaran matematika pada pokok bahasan pecahan sederhana. Rumusan masalah dalam penulisan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan pecahan sederhana siswa kelas III-A Madrasah Ibtidaiyah (MI) Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung?; 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan pecahan sederhana siswa kelas III-A Madrasah Ibtidaiyah (MI) Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan pecahan sederhana siswa kelas III-A Madrasah Ibtidaiyah (MI) Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung; 2) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan pecahan sederhana siswa kelas III-A Madrasah Ibtidaiyah (MI) Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan(planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi(observing) dan refleksi (reflecting). Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan; observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa kelas III-A pada mata pelajaran Matematika. Sedangkan Observasi, catatan lapangan, dan wawancara digunakan untuk mengamati respon siswa terhadap pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran make a match, keadaan siswa maupun keadaan guru. Dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk dokumentasi tindakan penelitian. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang harus dicapai dengan nilai KKM 70. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa telah meningkat. Pada tes awal (pre test) nilai rata-rata hanya 58,14 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 40,74%, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 63,70 pada tes formatif siklus I, dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 59,25%, Pada siklus berikutnya, yaitu siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 89,25 dengan prosentase ketuntasan belajar mencapai 88,88%. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas III-A Madrasah Ibtidaiyah (MI) Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: amah romdhotus romdhotus salamah
Date Deposited: 18 Sep 2015 06:48
Last Modified: 18 Sep 2015 06:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1669

Actions (login required)

View Item View Item