Andrik, Purniawan (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning tipe Team Quiz Untuk Meningkatkan prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mergayu Bandung Tulungagun. [ Skripsi ]
|
Text
1. ABSTRAK.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 QU.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II print.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III QQ.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III QQ.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV new.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V(2).pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN(2).pdf Download (26kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: strategi pembelajaran, Team Quiz, IPS dan prestasi belajar. Beberapa penyebab kurangnya prestasi belajar IPS siswa kelas IV MIN Mergayu Bandung Tulungagung adalah kurangnya minat siswa dalam membaca materi pelajaran, pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik perhatian siswa karena metode yang digunakan kebanyakan adalah ceramah kemudian pemberian tugas sehingga siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan karena munculnya rasa bosan dengan metode dan model pembelajaran yang monoton yaitu lebih banyak didominasi oleh guru dan siswa pandai saja sedangkan siswa yang kurang pandai cenderung bersifat pasif. Dalam penelitian ini peneliti memilih materi koperasi dengan menerapkan strategi pembelajaran Active Learning tipe Team Quiz dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran Active Learning tipe Team Quiz ini dengan harapan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan, sehingga prestasi belajar siswa bisa meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Active Learning tipe Team Quiz pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi dan kesejahteraan masyarakat pada siswa kelas IV MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? 2) Apakah penerapan strategi pembelajaran Active Learning tipe Team Quiz pada mata pelajaran IPS materi koperasi dan kesejahteraan masyarakat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menjelaskan penerapan strategi pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi dan kesejahteraan masyarakat. siswa kelas IV MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. 2) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa dengan strategi pembelajaran Active Learning tipe Team Quiz pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi dan kesejahteraan masyarakat. siswa kelas IV MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian adalah kelas IV MIN Mergayu Bandung Tulungagung dengan jumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas siswa, lembar pengamatan aktifitas guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Penerapan strategi pembelajaran Active Learning tipe Team Quiz sangat efektif diterapkan pada siswa kelas IV MIN Mergayu Bandung Tulungagung bidang studi IPS pokok bahasan koperasi dan kesejahteraan masyarakat, 2)Penerapan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Active Learning tipe Team Quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MIN Mergayu Bandung Tulungagung pada pokok bahasan koperasi dan kesejahteraan masyarakat. Dari hasil analisis data diketahui bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Learning tipe Team Quiz ini meningkat. Dari rata-rata hasil tes awal 63 meningkat menjadi 70,50 pada tes akhir tindakan siklus I, dan meningkat lagi pada tes akhir tindakan siklus II menjadi 82,5. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 30% pada saat tes awal, menjadi 50% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 80%. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan strategi pembelajaran Active Learning tipe Team Quiz dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi koperasi dan kesejahteraan masyarakat siswa kelas IV MIN Mergayu Bandung Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 13 Nov 2014 04:19 |
Last Modified: | 13 Nov 2014 04:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/167 |
Actions (login required)
View Item |