ANALISIS APLIKASI GADAI EMAS SERTA PENGEMBANGANYA PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH MANDIRI MITRA SUKSES GRESIK

RIZAL NURWAHID ADE SANTOSO, 1741143307 (2020) ANALISIS APLIKASI GADAI EMAS SERTA PENGEMBANGANYA PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH MANDIRI MITRA SUKSES GRESIK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Aplikasi Gadai Emas serta Pengembanganya pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mandiri Mitra Sukses Gresik” ini ditulis oleh Rizal Nurwahid Ade Santoso, NIM.1741143307, jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan dosen pembimbing: Lantip Susilowati, S.Pd., M.M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu jenis investasi yang banyak dianjurkan oleh banyak tokoh dan pakar karena investasi pada jenis instrumen ini memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh instrumen investasi lainnya adalah investasi emas. Adanya gadai emas menjadi solusi tersendiri bagi masyarkat dalam kebutuhan akan pendanaan karna mekanismenya yang mudah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana alasan dikeluarkannya produk gadai emas syariah sebagai alternatif pembiayaan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mandiri Mitra Sukses Gresik? (2) Bagaimana operasional produk gadai emas syariah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mandiri Mitra Sukses Gresik di bandingkan dengan produk gadai lainya? (3) Bagaimana strategi dari Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mandiri Mitra Sukses Gresik dalam mengembangkan bisnis gadai emas syariah? Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Dalam melakukan penelitian, peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus sebagai pencari dan pengumpul data. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dari verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan kehadiran, dan pembahasan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Alasan dikeluarkannya produk gadai emas pada BPRS Mandiri Mitra Sukses Gresik adalah karena emas merupakan logam mulia, karena harga emas telah diatur dengan standart internasional dan fluktuatif harga lebih terkendali, karena emas dianggap akan cepat terjual dalam pelelangan dibanding barang gadai lainnya, (2) Syarat pengajuan gadai emas di BPRS Mandiri Mitra Sukses Gresik adalah KTP atau identitas lainnya serta emas, baik berupa perhiasan atau emas batangan. (3) Strategi dari Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Syariah Gresik dalam mengembangkan bisnis gadai emas syariah adalah menerapkan strategi Marketing Mix (7P) yaitu Product (produk) yaitu gadai emas, Price (harga) yaitu penetapan ujroh dan biaya administrasi, Place (tempat/lokasi) yaitu lokasi kantor, Promotion (promosi) yaitu strategi pemasaran, People (SDM) yaitu pelaku usaha, Proces (Proses) yaitu aktivitas perusahaan, Physical Envidence (bukti fisik) yaitu lingkungan fisik perusahaan. Kata kunci: Gadai emas, Marketing Mix (7P)

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 1741143307 Rizal Nurwahid Ade Santoso
Date Deposited: 30 Sep 2020 06:36
Last Modified: 30 Sep 2020 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16729

Actions (login required)

View Item View Item