PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS III MI TARBIYATUL BANIN WALBANAT KEDUNGSIGIT KARANGAN TRENGGALEK

PONTIANI, NINING (2015) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS III MI TARBIYATUL BANIN WALBANAT KEDUNGSIGIT KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul“ Penerapan Metode make a match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Banin Walbanat Kedungsigit Karangan Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Nining Pontiani, NIM: 3217113078, Dibimbing oleh: Drs. H.Jani, MM., M.Pd Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode make a match Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas belajar program pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Banin Walbanat Kedungsigit. Sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS. Pada mata pelajaran IPS hasil belajar siswa relative rendah, dikarenakan sebagian besar siswa menganggap bahwa mata pelajaran IPS adalah mata pelajaran yang membosankan karena banyak hafalan. Selain itu penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran IPS sering kali terlalu dominan, sehingga siswa kurang aktif terlibat dalam pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada materi uang. Pembelajaran menggunakan metode make a match ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar yang efektif, kreatif dan lebih baik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana penerapan metode make a match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Uang pada siswa kelas III MI Tarbiyatul Banin Walbanat Kedungsigit Karangan Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015? (2) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran make a match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Uang pada siswa kelas III MI Tarbiyatul Banin Walbanat Kedungsigit Karangan Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penerapan metode make a match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Uang pada siswa kelas III MI Tarbiyatul Banin Walbanat Kedungsigit Karangan Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015. (2) meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran make a match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Uang pada siswa kelas III MI Tarbiyatul Banin Walbanat Kedungsigit Karangan Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015 Penerapan metode make a match langkah awal yaitu: guru menyampaikan materi, guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi topik yang cocok untuk sesi review, guru membagikan kartu soal dan kartu jawaban, setiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang kemudian tiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya dan siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin, guru memberikan kesimpulan. Dengan menggunakan metode make a match tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi uang. Hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar peserta didik pada siklus I yakni 73,68% dengan nilai rata-rata 84,26 yang sebelumnya pada pelaksanaan pri tes hanya sebesar 47,36% dengan nilai rata-rata 64,21 dan selanjutnya pada siklus II meningkat sebesar 89,47% dengan nilai rata-rata 88,52. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan penerapan metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Banin Walbanat Kedungsigit Karangan Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: pontiani nining
Date Deposited: 07 Jul 2015 02:51
Last Modified: 07 Jul 2015 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item View Item