MUHAMMAD HAFID MUBASHIR, 17201163314 (2020) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (379kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena sekarang bahwa masih banyaknya anak-anak berusia sekolah banyak yang memiliki karakter yang kurang baik seperti tawuran antar pelajar, membolos dan lain sebegainya. Peran guru akidah akhlak serta peran dari lingkungan sekolah menjadi salah satu yang sangat penting dalam proses pembentukan karakter peserta didik menjadi lebih baik. Karena jika dilihat dalam mata pelajaran akidah akhlak hampir semua materi pembelajaran berisi tentang pembentukan karakter peserta didik. Jika materi akidah akhlak tersebut didukung oleh pembiasaan-pembiasaan yang diterapkan oleh guru akidah akhlak serta didukung sepenuhnya dan juga diterapkan di lingkungan madrasah dan juga lingkungan masyarakat, maka bisa dipastikan karakter peserta didik akan terbentuk dengan baik. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana penekanan pendidikan karakter di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (2) Apa faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (3) Bagaimana dampak pendidikan karakter di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru MTs Ma’arif Bakung udanawu Blitar, sebagai bahan untuk melakukan pembinaan karakter peserta didik. Bagi peserta didik MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar, sebagai bahan kajian dan renungan untuk memperbaiki karakter dan prestasi belajar. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Kemudian untuk mengecek keabsahan data terebut di lakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penekanan pendidikan kartakter yang dilakukan oleh pihak madrasah adalah melakukan kegiatan MPLM (Masa Pengenalan Lingkungan Madrasah) untuk peserta didik baru. Serta mengadakan kegiatan “Semalam di Masama” untuk seluruh peserta didik. Selain itu setiap pagi juga diadakan apel pagi. Serta memberikan metode-metode dan trategi pembelajaran yang bisa mendukung pendidikan karakter. Jika ada yang melanggar tatatertib akan diberikan Punishment dan juga diadakan pemberian Reward. Selain itu juga bepasang beberapa slogan-slogan disetiap sudut madrasah. Faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter terdapat faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dalam hal ini dalam adalah faktor dari dalam diri peserta didik. Setiap peserta didik memiliki karakter bawaan yang berbeda beda. Faktor eksternal yang mempengaruhi pendidikan karakter adalah guru, lingkungan, dan materi pembelajaran. Faktor yang paling besar pengarauhnya dalam pendidikan karakter adalah faktor eksternal. Dampak pendidikan karakter adalah Dampak pendidikan karakter adalah kepercayaan dari wali murid Selain itu para alumni banyak yang berguna di masyarakat sekitarnya dan juga bagi sekolah lanjutan yang dituju.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163314 Muhammad Hafid Mubashir |
Date Deposited: | 01 Oct 2020 06:56 |
Last Modified: | 01 Oct 2020 06:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16777 |
Actions (login required)
View Item |