PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA TAMANSISWA MAGERSARI KOTA MOJOKERTO

HENNA ARMA OCTAVIA, 17201163476 (2020) PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA TAMANSISWA MAGERSARI KOTA MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (934kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (689kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (887kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Henna Arma Octavia 17201163476, 2020. Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Tamansiswa Magersari Kota Mojokerto”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen pembimbing H. Muh. Nurul Huda, MA, NIP. 1974040801 1 012. Kata Kunci: Motivasi, Kedisiplinan, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa motivasi dan kedisiplinan merupakan dua faktor yang dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar peserta didik. Setiap peserta didik memiliki karakter dan sifat yang berbeda – beda, begitu juga dengan motivasi dan disiplin belajar yang dimiliki peserta didik ketika berada di dalam kelas maupun di luar . Sementara itu dalam lembaga pendidikan tingkat pencapain hasil belajar dapat dilihat dari prestasi belajar yang dicapai oleh peserta didik. Salah satu prestasi belajar yang dicapai adalah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Taman Siswa Magersari Kota Mojokerto? (2) Adakah pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Taman Siswa Magersari Kota Mojokerto? (3) Adakah pengaruh motivasi dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Taman Siswa Magersari Kota Mojokerto?Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Taman Siswa Magersari Kota Mojokerto sebanyak 211. Jumlah sampel 63 siswa. Teknik sampling yang digunakan proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi linier berganda dengan statistik uji t dan uji F. Skripsi ini bermanfaat bagi pihak sekolah sebagai sumbangan kajian yang dapat membatu mengembangkan sekolah dalam hal penelitian, bagi guru supaya lebih giat lagi dalam mendorong dan meningktakan motivasi dan kedisiplinan siswa, bagi siswa supaya lebih giat lagi dalam belajar dan menjaga semangat serta tetap menciptakan lingkungan kelas yang kondusif. Hasil penelitian menunjukkan untuk rumusan masalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Taman Siswa Magersari Kota Mojokerto. Dibuktikan dengan penelitian yaitu nilai Sig. diperoleh 0.296 atau lebih kecil dari α 0.05. Adapun pengaruhnya ditunjukkan dengan perilaku siswa yang menjadi lebih bersemangat dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Hasil penelitian rumusan masalah (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Taman Siswa Magersari Kota Mojokerto. Dibuktikan dengan penelitian yaitu nilai Sig. diperoleh 0.296 atau lebih kecil dari α 0.05. Adapun pengaruhnya ditunjukkan dari ketertiban dan kepatuhan siswa dalam mentaati semua tata tertib dan peraturanperaturan yang telah ditetapkan pihak sekolah serta peraturan-peraturan dan tata tertib yang telah dibuat oleh Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berlaku pada saat proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam berlangsung. Hasil penelitian rumusan masalah (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Taman Siswa Magersari Kota Mojokerto. Dibuktikan dengan penelitian yaitu nilai Sig. diperoleh 0.296 atau lebih kecil dari α 0.05. Adapun pengaruhnya ditunjukkan dengan perubahan perilaku siswa yang terlihat lebih semangat dan lebih aktif serta ditunjukkan melalui kepatuhan dan ketertiban siswa dalam mentaati semua tata tertib yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah ataupun tata tertib yang telah ditetapkan oleh guru mata pelajaran Pendidikan agama Islam sehingga dapat tercipta pembelajaran yang kondusif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163476 HENNA ARMA OCTAVIA
Date Deposited: 08 Oct 2020 02:45
Last Modified: 08 Oct 2020 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16788

Actions (login required)

View Item View Item