STRATEGI PEMASARAN PADA INDUSTRI GENTENG UD. SMD SUMBERWANGI DESA SUMBERINGIN KULON KECAMATAN NGUNUT TULUNGAGUNG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS

IFA ARIC NUR RIMA, 17402163492 (2020) STRATEGI PEMASARAN PADA INDUSTRI GENTENG UD. SMD SUMBERWANGI DESA SUMBERINGIN KULON KECAMATAN NGUNUT TULUNGAGUNG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Pada Industri Genteng UD. SMD Sumberwangi Desa Sumberingin Kulon Kecmatan Ngunut Tulungagung Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis” ini ditulis oleh Ifa Aric Nur Rima, NIM. 17402163492, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin meningkatnya persaingan bisnis dalam industri, khususnya industri genteng di Jawa Timur dalam memenuhi kebutuhan konsumen sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang ketat. Oleh karena itu setiap industri dituntut untuk menerpkan strategi pemasaran yang tepat guna menghadapi persaingan bisnis ini. Strategi pemasaran berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan industri/pelaku usaha, mengkoordinasi pemasaran yang lebih efektif dan terarah, serta merumuskan tujuan usaha yang akan dicapai industri/pelaku usaha agar langkah yang diambil lebih tepat dan terarah dalam menghadapi persaingan bisnis. Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh industri genteng UD. SMD Sumberwangi dalam menghadapi persaingan bisnis, (2) Kendala-kendala apa saja yang dihasapi industri genteng UD. SMD Sumberwangi dalam menerapkan strategi pemasaran guna menghadapi persaingan bisnis, (3) Bagaimana solusi industri genteng UD. SMD Sumberwangi mengatasi kendala-kendala dalam menerapkan strategi pemasaran guna menghadapi persaingan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, data tersebut diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa industri genteng UD. SMD Sumberwangi Desa Sumberingin Kulon menerapkan strategi pemasaran bauran pemasaran yang terdiri dari empat variabel yaitu produk, harga, promosi dan lokasi. Adapun strategi produk yang dilakukan adalah dengan menjaga kualitas dan mutu produk melalui pemilihan bahan baku dan proses pengolahan genteng serta mengembangkan variasi genteng. Selanjutnya strategi harga yaitu penetapan harga berdasarkan modal, kualitas, ukuran serta harga pasaran yang tengah berlaku. Selanjutnya strategi promosi yang dilakukan dengan dua cara, yang pertama yaitu cara tradisional, dengan cara promosi dari mulut ke mulut, door to door, menggunakan jasa sales maupun mitra. Yang kedua melalui media sosial seperti whatsapp, facebook, website. Kemudian strategi lokasi/distribusi telah dilakukan melalui penjualan pribadi maupun perantara dari sales, pengepul, mitra maupun kontrktor. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Industri, Persaingan Bisnis

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163492 Ifa Aric Nur Rima
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:42
Last Modified: 15 Oct 2020 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16871

Actions (login required)

View Item View Item