UPAYA GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI MAN KOTA BLITAR

AHMAD SHONY BACHTIAR, 17201163453 (2020) UPAYA GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Shony Bachtiar, NIM. 17201163453, 2016, Upaya Guru PAI dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di MAN Kota Blitar, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen pembimbing: H. Abdulloh Chakim, S.Ag, M.Pd. .Kata kunci : Upaya Guru, Bakat dan Minat Melalui Ekstrakurikuler Keagamaan Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh Pendidikan Agama Islam tidak hanya mengembangkan pengetahuan kognitif saja, tetapi juga mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Siswa-siswi di MAN Kota Blitar sudah melaksanakan ekstrakurikuler keagamaan seperti Sholawat, Qiroah, Kaligrafi di sekolah. Namun masih ada hambatan dalam pelaksanaannya. Untuk itu diperlukan upaya atau strategi dari guru pendidikan agama islam dalam mengatasi hambatan tersebut. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Upaya Guru PAI dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan di MAN Kota Blitar ? (2) Bagaimana Hambatan Guru PAI dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan di MAN Kota Blitar? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan tentang Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di MAN Kota Blitar, (2) Untuk mendeskripsikan tentang Hambatan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Keagamaan di MAN Kota Blitar. Berdasarkan fokus dan tujuan penelitian ini peneliti menggunakan Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya menggunakan kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan observasi-partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Hubarman berupa: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, dan metode trianggulasi penelitian. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Upaya Guru PAI dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Sholawat pada peserta didik yaitu: latihan oleh pembina sholawat dibantu oleh pelatih dari luar, latihan semakin sering dipersiapkan untuk lomba, teknik dasar kemudian dilanjutkan teknik vokal dan variasi untuk persiapan lomba, kegiatan ditulis pada jurnal dan absensi. Sedangkan upaya guru PAI dalam mengembangkan bakat dan minat siswa melalui ekstrakurikuler Kaligrafi adalah: dikenalkan dengan kaligrafi arab dan kaligrafi aksara jawa, menggunakan kanvas baru dari sekolah,diajak ke tempat pameran seni, diberi tugas untuk mempraktikkan sesuai materi dengan peralatan lengkap, siswa harus paham arti warna, pencampuran warna dan degradasi warna. Sedangkan guru PAI dalam mengembangkan bakat dan minat siswa melalui ekstrakurikuler Qiroah adalah: mencontohkan dan ditirukan oleh siswa, mahrojul huruf dan tajwid, merubah akhlaq siswa menjadi siswa yang berakhlaqul kharimah. (2) Hambatan Guru PAI dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan yaitu: Semangat siswa yang kurang, kurangnya perhatian dan apresiasi berbagai pihak, kurangnya fasilitas pada ekstrakurikuler keagamaan, latar belakang siswa yang berbeda-beda disebabkan oleh lingkungan keluarga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163453 AHMAD SHONY BACHTIAR
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:31
Last Modified: 21 Oct 2020 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16914

Actions (login required)

View Item View Item