ERNA SETYOWATI, 17204163215 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMAHAMI SOAL-SOAL EKSPRESI ALJABAR DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (781kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (19kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (779kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (931kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memahami Soal-soal Ekspresi Aljabar di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung” skripsi ini ditulis oleh Erna Setyowati, NIM 17204163215, pembimbing Miswanto, M.Pd Kata kunci: Literasi Matematis, Ekspresi Aljabar, PISA Penelitian ini dilatarbelakngi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa. Kemampuan literasi sangat diperlukan saat ini yang diminta siswa dapat mengerjakan soal-soal ekspresi aljabar. Untuk mengetahui kemampuan literasi siswa dalam memahami soal-soal akspresi aljabar siswa yang dapat diukur dengan menggunakan tes dan dinilai dengan menggunakan pensekoran dengan tujuan untuk mengetahui batas kemamapuan literasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa berkemampuan tinggi dalam memahami soal-soal eksppresi aljabar di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. (2) mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa berkemampuan sedang dalam memahami soal-soal eksppresi aljabar di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. (3) mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa berkemampuan rendah dalam memahami soal-soal ekspresi aljabar di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung dengan subjek penelitian ini yaitu 6 siswa yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes dan metode wawancara yang mendalam. Tes berbentuk esay sebanyak 4 soal berdasarkan indikator literasi. Wawancara dilakukan untuk memperluas informasi siswa. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara (1) meningkatkan kecermatan dalam penelitian, (2) triangulasi, (3) pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa dengan kemampuan tinggi berada pada level PISA yang cukup tinggi yaitu level 5. Akan tetapi, salah satu siswa dengan kemampuan tinggi belum mampu menyelesaikan level yang kedua. (2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang berada pada level literasi 1 dan level 4. Ada salah satu siswa dengan kemampuan sedang yang mampu menyelesaikan level 2. (3) Siswa dengan kemampuan rendah belum bisa didefinisikan levelnya pada PISA. Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan lebih kepada sulitnya memahami soal PISA dimana soal tersebut memuat masalah-masalah dalam kehidupan nyata. Soal matematika pada PISA terkenal dengan soal yang memilki bacaan panjang karena soal tersebut sengaaja dibuat untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi siswa dimana pada saat ini masih banyak siswa yang belum terbiasa dengan soal-soal seperti itu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163215 ERNA SETYOWATI |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 02:16 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 02:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16999 |
Actions (login required)
View Item |