Penerapan Pembelajaran Matematika Berorientasi Dalil Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII-B MTs Al-Umron Bendosewu Kab.Blitar

Mubarokah, Tri Lailatin (2014) Penerapan Pembelajaran Matematika Berorientasi Dalil Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII-B MTs Al-Umron Bendosewu Kab.Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INTI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Pemahaman , Pembelajaran Matematika Berorientasi Dalil Al-Qur’an, Himpunan Al-Qur’an merupakan sumber dari ilmu pengetahuan, baik masalah peribadatan maupun ilmu sains terkandung di dalamnya. Namun masih jarang yang mengetahui hal itu, mereka masih memahami Al-Qur’an adalah Kalam Alloh yang hanya membicarakan tentang keislaman. Atas dasar ini penelitian tentang penerapan pembelajaran matematika berorientasi dalil Al-Qur’an pada materi himpunan dilaksanakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana pembelajaran berorientasi dalil AL-Qur’an pada siswa kelas VII-B MTs AL-UMRON Bendosewu kab.Blitar diterapkan? (2)Bagaimana peningkatan yang diharapkan pada siswa setelah mempelajari matematika berborientasi dalil AL-Qur’an? Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi himpunan dengan pembelajaran matematika berorientasi dalil Al-Qur’an (2)Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran matematika berorientasi dalil Al-Qur’an. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jenis penelitian ini menggunakan teknik tes, wawancara dan observasi. Tes dibagi menjadi dua, yaitu sebelum dan sesudah diberikan tindakan. Wawancara digunakan untuk menggali data dari objek penelitian secara langsung. Observasi digunakan untuk mengamati objek secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berorientasi dalil Al-Qur’an mampu meningkatkan pemahaman siswa pada materi himpunan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada tes awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah : 63,33 (sebelum diberi tindakan) menjadi 69 (siklus I) dan 74,25 (siklus II).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 13 Nov 2014 04:34
Last Modified: 13 Nov 2014 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item