ILMA KARISMATUL KHUSNA, 17205163101 (2020) VARIASI KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi. “Variasi Keterampilan Guru dalam Mengajar pada Pembelajaran Tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ilma Karismatul Khusna, NIM. 17205163101 , Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci: Keterampilan Guru, Variasi Mengajar, Pembelajaran Tematik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa beberapa guru belum sepenuhnya menerapkan keterampilan variasi mengajar khususnya dalam gaya mengajar, kendala yang menghambat guru dalam menerapkan variasi gaya mengajar sehingga sebagian guru tidak sepenuhnya menerapkan keterampilan variasi dalam gaya mengajar. Maka dari itu, diperlukan kegiatan variasi mengajar untuk dapat mengetahui implementasi, hambatan, dan upaya mengatasi hambatan variasi gaya mengajar guru pada pembelajaran tematik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi variasi keterampilan guru dalam gaya mengajar pada pembelajaran tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? (2) Bagaimana hambatan variasi keterampilan guru dalam gaya mengajar pada pembelajaran tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020? (3) Bagaimana upaya mengatasi hambatan variasi keterampilan guru dalam gaya mengajar pada pembelajaran tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020?. Tujuan dalam penulisan skripsi ini untuk mendeskripsikan implementasi, hambatan, dan upaya mengatasi hambatan variasi keterampilan guru dalam gaya mengajar pada pembelajaran tematik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan pengujian credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Variasi gaya mengajar yang diterapkan yaitu variasi suara, kesenyapan, pemusatan perhatian, variasi gerak badan atau mimik, mengadakan kontak pandang, dan pergantian posisi guru di kelas. (2) Hambatan variasi gaya mengajar yaitu kurangnya penguasaan guru terhadap materi dan bahan ajar, sarana prasarana yang kurang mendukung, siswa kurang bisa menerima variasi gaya mengajar yang diterapkan guru. (3) Upaya mengatasi hambatan variasi gaya mengajar yaitu guru melakukan upaya perbaikan dalam penguasaan materi, mempersiapkan sarana prasarana, mencari referensi dari berbagai sumber mengenai penerapan variasi gaya mengajar, ikut serta diklat dan pelatihan, dan melakukan evaluasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 172051631 01 ILMA KARISMATUL KHUSNA |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 07:26 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 07:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17006 |
Actions (login required)
View Item |