STRATEGI PENANGANAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PRODUK WARUNG MIKRO PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU TULUNGAGUNG

DENUARDI AHMAD SOBARI, 17401153373 (2020) STRATEGI PENANGANAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PRODUK WARUNG MIKRO PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Produk Warung Mikro Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tulungagung” ini ditulis oleh Denuardi Ahmad Sobari, NIM 17401153373, pembimbing Dr. H. Mashudi, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebah fenomena bahwa salah satu produk lembaga keuangan yaitu pembiayaan, pembiayaan mempunyai keuntungan dan resiko yang sangat besar. Pembiayaan harus dikelola dengan baik agar tidak terjadi pembiayaan bermasalah. Untuk mengantisipasi pembiayaan bermasalah pihak Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tulungagung melakukan perubahan kebijakan tentang jarak pengambilan calon nasabah pembiayaan baru dan menerapkan system restructuring dan rescheduling pembiayaan bermasalah. Strategi tersebut dilakukan secara kekeluargaan dan tidak memberatkan salah satu pihak. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah (NPF) pada produk Warung Mikro Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tulungagung? (2) Bagaimana strategi pencegahan pembiayaan bermasalah (NPF) pada produk warung mikro Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tulungagung? (3) Bagaimana strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah (NPF) pada produk warung mikro Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tulungagung baik dalam pencegahan dan penyelesaian Pembiayaan Bermasalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adaah penelitian deskriptif. Data-data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Untuk menggali data-data yang relevan penulis menggunakan metode wawancara. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan anailisis deskritif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) Dalam mengajukan prosedur pembiayaan syarat-syarat yang harus dikumpulkan adalah data-data berupa Foto copy KTP, Kartu Keluarga, NPWP untuk pembiayaan diatas Rp. 50.000.000, foto copy agunan, PBB, bukti lunas pajak dan SIUP/ surat keterangan dari kelurahan, serta dilihat dari kemampuan dan kondisi ekonomi nasabah tersebut. (2) faktor faktor yang menyebabkan pembiayaan bermasalah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tulungagung yaitu faktor karakter, faktor musibah, dan faktor usaha. (3) Dalam menangani pembiayaan bermasalah , Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tulungagung mengubah kebijakan jarak pengambilan calon nasabah baru dan menerapkan sistem restrukturing dan rescheduling untuk menyelesaikan pembiayaan bermasalah. Kata Kunci: Kebijakan, Pembiayaan Bermasalah, Restrukturing dan Rescheduling.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153373 DENUARDI AHMAD SOBARI
Date Deposited: 21 Oct 2020 05:34
Last Modified: 21 Oct 2020 05:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17022

Actions (login required)

View Item View Item