PENGGUNAAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENUMBUHKAN HASIL BELAJAR PPKN PADA PESERTA DIDIK DI MIN 7 TULUNGAGUNG

GALUH DYAH SUHARMIN, 17205163253 (2020) PENGGUNAAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENUMBUHKAN HASIL BELAJAR PPKN PADA PESERTA DIDIK DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Menumbuhkan Hasil Belajar PPKn pada Peserta Didik di MIN 7 Tulungagung” ditulis oleh Galuh Dyah Suharmin, NIM 17205163253, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag Kata Kunci: Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dalam pembelajaran kurikulum 2013, mengingat guru masih cenderung dominan melakukan proses pembelajaran didalam kelas sehingga pembelajaran terkesan membosankan, maka penggunaan strategi yang bervariasi dapat menumbuhkan hasil belajar peserta didik. Sehingga diharapkan dalam penggunaan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) ini dapat menumbuhkan hasil belajar peserta didik di MIN 7 Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penggunaan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam menumbuhkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik kelas II pada mata pelajaran PPKn di MIN 7 Tulungagung? (2) Bagaimana penggunaan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam menumbuhkan hasil belajar ranah afektif peserta didik kelas II pada mata pelajaran PPKn di MIN 7 Tulungagung? (3) Bagaimana penggunaan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam menumbuhkan hasil belajar ranah psikomotorik peserta didik kelas II pada mata pelajaran PPKn di MIN 7 Tulungagung?. Penelitian ini dilakukan di MIN 7 Tulungagung menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan menggunakan triangulasi data, adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan:(1) Cara menumbuhkan hasil belajar ranah kognitif menggunakan strategi CTL dengan cara guru membangun konsep siswa melalui pembentukan sendiri pengetahuan yang didapat dengan pengalaman yang telah diperoleh dari kehidupan sehari – hari, guru melakukan strategi yang mendorong siswa untuk berfikir aktif di dalam kelas, guru melakukan strategi pembelajaran yang dihubungkan dengan kehidupan sehari – hari. (2) Cara menumbuhkan hasil belajar ranah afektif menggunakan strategi CTL dengan cara pembiasaan sikap atau karakter berdasarkan nilai dan etika islam, penanaman sikap sosial yang tinggi sebagai fungsional learning sesuai dengan konteks yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari. (3) Cara menumbuhkan hasil belajar ranah psikomotorik menggunakan strategi CTL dengan cara guru melakukan kolaborasi dengan penggunaan media pembelajaran dan peserta didik melakukan pembelajaran langsung yang berkaitan dengan kehidupan sehari – hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163253 GALUH DYAH SUHARMIN
Date Deposited: 26 Oct 2020 08:27
Last Modified: 26 Oct 2020 08:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17094

Actions (login required)

View Item View Item