KONTEKSTUALISASI PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA UMAR BIN KHATTAB DI ERA MILLENIAL

FARISUL ISLAM, 17201163472 (2020) KONTEKSTUALISASI PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA UMAR BIN KHATTAB DI ERA MILLENIAL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Kontekstualisasi Pendidikan Islam Pada Masa Umar Bin Khattab di Era Millenial” ditulis oleh Farisul Islam dibimbing oleh Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci : Pendidikan Islam, Umar bin Khattab, Era Millenial Pendidikan Islam di era millenial sekarang ini mulai mendapat perhatian baik dikalangan muda hingga tua. Karena, akhir-akhir ini banyak generasi millenial yang mulai kehilangan perilaku dan moral yang baik. Itulah mengapa di era millenial sekarang ini sudah banyak berdiri lembaga pendidikan Islam seperti Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Tetapi, ada beberapa nilai pendidikan dimasa Umar bin Khattab yang masih diperhatikan hingga sekarang ini. Oleh karena itu, generasi millenial sekarang ini perlu mengetahui pendidikan Islam pada masa Umar bin Khattab agar dapat dijadikan sebagai tauladan di era millenial sekarang ini. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam pada masa Umar bin Khattab?, (2) Bagaimana kondisi pendidikan Islam di era millenial?, (3) Bagaimana pemikiran nilai-nilai pendidikan Islam pada masa Umar bin Khattab di era millenal?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) nilai-nilai pendidikan Islam pada masa Umar bin Khattab, (2) kondisi pendidikan Islam di era Millenial, (3) pemikiran nilai-nilai pendidikan Islam pada masa Umar bin Khattab di era millenial. Penelitian ini menggunakan penelitian literer dengan mengambil obyek beberapa jurnal yang membahas tentang pendidika Islam pada masa Umar bin Khattab. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode membaca dan memahami dengan cermat yang kemudian data diklasifikasikan dalam beberapa komponen serta menganalisis yang ada secara menyeluruh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan content analisys (analisis isi), yaitu dengan menganalisis buku atau jurnal yang berhubungan tentang pendidikan Islam pada masa Umar bin Khattab, sehingga mampu menemukan kandungan nilai-nilai pendidikan Islam pada masa Umar bin Khattab yang ada pada era millenial sekarang ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) nilai-nilai pendidikan Islam pada masa Umar bin Khattab diantaranya yaitu nilai aqidah, nilai ibadah, nilai akhlak. (2) kondisi pendidikan Islam di era millenial saat ini sangatlah diperhatikan terutama tiga nilai pendidikan Islam yaitu nila aqidah, nilai ibadah, nilai akhlak. Tetapi dari ketiga nilai pendidikan Islam tersebut yang paling diperhatikan yaitu nilai akhlak. (3) pengaplikasian nilai-nilai pendidikan Islam pada masa Umar bin Khattab di era millenial sekarang ini tiap masing-masing nilai pendidikan Islam masih mengalami proses yang berbeda-beda, mulai dari nilai aqidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Generasi millenial sekarang ini masih memerlukan tauladan agar ketiga nilai tersebut memang benar-benar tertanam dalam diri generasi millenial. Sehingga peneliti mengambil tauladan pada masa Umar bin Khattab, yang pada masa Umar bin Khattab tersebut nilai aqidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak masih sangat diperhatikan dan dilakukan oleh Umar bin Khattab.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi 17201163472 Farisul Islam
Date Deposited: 27 Oct 2020 06:21
Last Modified: 27 Oct 2020 06:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17104

Actions (login required)

View Item View Item