PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

Nur Laelatul Muna, Muna (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I sampai V.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Laelatul Muna yang dibimbing oleh Drs. Muniri, M.Pd. Model pembelajaran matematika yang digunakan seorang guru sangat berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran dikelas. Secara umum, guru menggunakan model ceramah dalam menyampaikan materi matematika di kelas. Metode tersebut kurang efektif, karena menjadikan siswa tidak aktif untuk bertanya dan menjawab pertanyaan. Dalam skripsi ini, penulis memperkenalkan model pembelajaran yang dapat menjadikan siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Model pemebelajaran tersebut adalah TGT (Teams Games Tournament) .TGT (Teams Games Tournament) merupakan salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok – kelompok belajar. Dalam model pembelajaran tersebut terdapat sebuah turnamen untuk mengukur pemahaman siswa dan penghargaan kelompok yang menjadikan siswa lebih bersemangat dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT(Teams Games Tournament) terhadap hasil belajar siswa?, (2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament)?, (3) Bagaimana aktifitas siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament)? Metode penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Observasi digunakan peneliti untuk mengumpulkan data melalui pengamatan yang diteliti. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan peneliti untuk mengumpulkan beberapa data dari sekolah. Dari hasil penelitian didapat hasil Sig (2 tailed) pada equal variance adalah 0,016 yang berarti < 0,05 dan t hitung 2,471 > t tabel 2,002 maka ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. xviii Hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat diketahui dengan Sig (2 tailed) pada Output Paired Sample Test 0,037 yang berarti < 0,05 dan nilai t 2,191 < 2,001, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata nilai tes antara sebelum dan sesudah perlakuan (pembelajaran menggunakan TGT).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: nur nur laelatul muna muna
Date Deposited: 13 Aug 2015 02:37
Last Modified: 13 Aug 2015 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1711

Actions (login required)

View Item View Item