PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZUL QUR'AN DAN MINAT MENGHAFAL AL-QUR'AN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

SHERLY DAMARA ANITA RAHMAN, 17201163425 (2020) PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZUL QUR'AN DAN MINAT MENGHAFAL AL-QUR'AN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (576kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Keaktifan Mengikuti Program Tahfidzul Qur’an dan Minat Menghafal Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung”, ini ditulis oleh Sherly Damara Anita Rahman, NIM. 17201163425. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M. Pd. I. Kata Kunci: Metode Tahfidzul Qur’an, Minat Menghafal Al-Qur’an, dan Hasil Belajar Latar belakang penelitian ini adalah menghafal Al-Qur’an merupakan perbuatan yang sangat mulia. Dengan menghafal Al-Qur’an dapat menjaga keaslian dan kemurnian dalam Al-Qur’an. Oleh karena itu, menghafal Al-Qur’an perlu memiliki berbagai langkah atau metode tahfidzul Qur’an guna untuk menumbuhkan minat menghafal Al- Qur’an yang tinggi pada siswa. Sehingga dengan adanya minat menghafal yang tinggi dapat mendorong siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode tahfidzul Qur’an terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh minat menghafal Al-Qur’an terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh metode tahfidzul Qur’an dan minat menghafal Al-Qur’an terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan tahfidzul Qur’an di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik non probability sampling, yang lebih menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan observasi, penyebaran angket, dan soal tes. Hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh metode tahfidzul Qur’an terhadap hasil belajar peserta didik dengan hasil yang diperoleh nilai thitung > ttabel (3,225 > 2,064). Dari taraf signifikansi 0,05 diperoleh (0,004 < 0,05). (2) Ada pengaruh minat menghafal Al-Qur’an terhadap hasil belajar peserta didik yang diperoleh nilai thitung > ttabel (3,756 > 2,064). Dari taraf signifikansi 0,05 diperoleh (0,001 < 0,05). (3) Ada pengaruh metode tahfidzul Qur’an dan minat menghafal Al-Qur’an terhadap hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari Fhitung sebesar 12,255. Hal ini menunjukkan Fhitung (12,255) > Ftabel (3,40) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S. Pd 17201163425 Sherly Damara Anita Rahman
Date Deposited: 02 Nov 2020 02:59
Last Modified: 02 Nov 2020 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17129

Actions (login required)

View Item View Item