IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DI TPQ NURUL HIDAYAH TANJUNGSARI BOYOLANGU TULUNGAGUNG

AMANIA NUR JANAH, 17201163030 (2020) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DI TPQ NURUL HIDAYAH TANJUNGSARI BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (598kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Amania Nur Janah. NIM. 17201163030. Implementasi Metode An Nadhliyah di TPQ Nurul Hidayah Tanjungsari Boyolangu Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci: Implementasi, Metode an-Nahdliyah Perkembangan zaman yang semakin pesat berpengaruh pada dunia pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Pengaruh yang ditimbulkan terlihat pada metode pembelajaran yang digunakan. Metode pembelajaran al-Qur’an saat ini melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan minat anak terhadap al-Qur’an utamanya membaca al-Qur’an, salah satunya metode an-Nahdliyah. Lembaga pendidikan non formal banyak yang kurang maksimal dalam mengimplementasikan metode tersebut sehingga menghasilkan output yang kurang bisa membaca al-Qur’an dengan benar, hal ini sering terjadi ketika tadarus al-Qur’an pada bulan Ramadhan, banyak anak-anak yang membaca al-Qur’an dengan asal-asalan tanpa memperhatikan makhraj dan tajwid yang benar. Berkaitan dengan ini perlu adanya penelitian terkait implementasi metode an-Nahdliyah, agar mampu menarik minat dan semangat anak pada pelajaran agama utamanya pembelajaran al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah (1) Implementasi metode an-Nahdliyah di TPQ Nurul Hidayah Tanjungsari Boyolangu Tulungagung, (2) Hambatan implementasi metode an-Nahdliyah di TPQ Nurul Hidayah Tanjungsari Boyolangu Tulungagung, (3) Dampak implementasi metode an-Nahdliyah di TPQ Nurul Hidayah Tanjungsari Boyolangu Tulungagung. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode an-Nahdliyah di TPQ Nurul Hidayah Tanjungsari Boyolangu Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan hambatan implementasi metode an-Nahdliyah di TPQ Nurul Hidayah Tanjungsari Boyolangu Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan dampak implementasi metode an-Nahdliyah di TPQ Nurul Hidayah Tanjungsari Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu kepala TPQ, wakil kepala TPQ, ustadzah program buku paket/program jilid, ustad program sorogan al-Qur’an dan santri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi sumber dan waktu), keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian. Pertama, implementasi metode an-Nahdliyah terbagi menjadi dua program, yaitu program jilid dan program sorogan al-Qur’an. Implementasi metode an-Nahdliyah program jilid yaitu implementasi jilid 1 – 6, implementasi ustad/ustadzah tutor dan ustad/ustadzah privat, implementasi ketukan saat membaca peraga, implementasi hafalan doa harian, implementasimedia poster dan implementasi bimbingan khusus. Implementasi metode an Nahdliyah program sorogan al-Qur’an yaitu implementasi baca simak antar santri, implementasi program madin, implementasi hafalan juz ‘amma, implementasi praktek wudhu dan shalat, implementasi irama dan implementasi bimbingan khusus. Kedua, hambatan implementasi metode an-Nadhliyah terdiri dari hambatan eksternal dan internal. Hambatan eksternal berasal dari orangtua santri sedangkan hambatan internal berasal dari ustad/ustadzah dan santri. Ketiga, dampak implementasi metode an-Nahdliyah secara keseluruhan adalah terciptanya output santri yang bisa membaca al-Qur’an dengan benar dan lancar, berakhlakul karimah dan cinta al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163030 AMANIA NUR JANAH
Date Deposited: 03 Nov 2020 03:25
Last Modified: 03 Nov 2020 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17143

Actions (login required)

View Item View Item