RAHMA FITRI SURYANDARI, 17205163144 (2020) UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KEAKTIVAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE CERAMAH BERVARIASI DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (644kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (360kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (490kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (248kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (856kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi. “Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Keaktivan Belajar Siswa melalui Metode Ceramah Bervariasi di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Rahma Fitri Suryandari, NIM 17205163144, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci: Guru, Keaktivan, Ceramah Bervariasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang hakikatnya adalah untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas belajar siswa melalui pengalaman belajar. Kenyataan yang banyak dijumpai di sekolah selama ini adalah pembelajaran secara konvensional. Siswa bertindak pasif atau sekedar menerima informasi dari guru sehingga siswa kurang diberikan kesempatan untuk mengembangkan bekal pembelajaran yang telah didapat. Gejala yang dialami siswa saat ini dalam proses pembelajaran biasanya cepat jenuh dengan berbagai aspek kegiatan yang dilakukan di dalam kelas. Maka dari itu, diperlukannya variasi metode dalam pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang dapat mengaktifkan siswa. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan komponen metode tanya jawab dalam ceramah bervariasi dalam meningkatkan keaktivan belajar siswa di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan komponen metode diskusi dalam ceramah bervariasi dalam meningkatkan keaktivan belajar siswa di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana pelaksanaan komponen metode penugasan dalam ceramah bervariasi dalam meningkatkan keaktivan belajar siswa di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamat, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi metode), dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) pelaksanaan komponen metode tanya jawab dalam ceramah bervariasi dalam meningkatkan keaktivan belajar siswa dengan belajar sambil bermain, memberikan motivasi dan soal-soal yang mudah. (2) pelaksanaan komponen metode diskusi dalam ceramah bervariasi dalam meningkatkan keaktivan belajar siswa yaitu dengan membagi kelompok diskusi dengan mencampur siswa yang aktif dan pasif, melakukan diskusi di luar dan didalam kelas, penataan bangku melingkar, pemberian soal yang berbeda setiap kelompok. (3) pelaksanaan komponen metode penugasan dalam ceramah bervariasi dalam meningkatkan keaktivan belajar siswa yaitu dengan memberikan tugas menarik tidak hanya mengerjakan tugas di LKS, memberikan nilai pada setiap tugas yang diberikan, mengevaluasi tugas bersama-sama dengan siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163144 RAHMA FITRI SURYANDARI |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 01:42 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 01:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17146 |
Actions (login required)
View Item |