LAILIA NUR AWALU SHOLICHAH, 12501184012 (2020) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA MCKINSEY DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN SISWA (Studi Multisitus di SMP Progresif Baitul Atieq Nganjuk dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (887kB) |
||
Text
ABSTRAK .pdf Download (193kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (115kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (22kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (76kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis yang berjudul “Manajemen Pendidikan Karakter dengan Menggunakan Kerangka Kerja McKinsey dalam Membentuk Karakter Religius dan Disiplin Siswa (Studi Multisitus di SMP Progresif Baitul Atieq Nganjuk dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung)” ini ditulis oleh Lailia Nur Awalu Sholichah dengan bimbingan oleh Prof. Dr. Munardji, M.Ag., dan Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci : Manajemen Pendidikan Karakter, Kerangka Kerja Mc Kinsey Manajemen pendidikan karakter melatarbelakangi penelitian tesis ini dikarenakan peran organisasi pendidikan khususnya sekolah dalam membina generasi muda yang beretika dan bertanggung jawab agar terwujudnya peserta didik yang memahami nilai-nilai karakter untuk memunculkan rasa cinta tanah air hingga sikap disiplin. Penggunaan kerangka kerja Mc Kinsey dengan 7 elemen S (Strategy, Structure, Systems, Share-values, Style, Staffdan Skills) dalam manajemen pendidikan karakter adalah sebuah cara organisasi pendidikan melakukan modifikasi model manajemen pendidikan sesuai dengan kondisi dan sumber daya sekolah guna meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik dengan tidak mengurangi esensi manajemen pendidikan yang telah diterapkan sebelumnya. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pendidikan karakter dengan kerangka kerja McKinsey dalam membentuk karakter religius dan disiplin siswa di SMP Progresif Baitul Atieq Nganjuk dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? (2) Bagaimana pengorganisasian pendidikan karakter dengan kerangka kerja McKinsey dalam membentuk karakter religius dan disiplin siswa di SMP Progresif Baitul Atieq Nganjuk dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? (3) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dengan kerangka kerja McKinsey dalam membentuk karakter religius dan disiplin siswa di SMP Progresif Baitul Atieq Nganjuk dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? (4) Bagaimana pengawasan dan evaluasi pendidikan karakter dengan kerangka kerja McKinsey dalam membentuk karakter religius dan disiplin siswa di SMP Progresif Baitul Atieq Nganjuk dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi pastisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data situs individu dan analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data dengan credibility, transferability, dependability, dan confirmability Penelitian menunjukkan hasil berupa: (1) Perencanaan pendidikan karakter dengan kerangka kerja Mc Kinsey pada siswa di SMP Progresif Baitul Atieq Nganjuk dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung, dilaksanakan dengan membentuk visi dan misi sekolah, struktur organisasi, merencanakan sistem, menyiapkan guru dan staf beserta keterampilannya, kemudian membentuk sistem dan strategi Pendidikan karakter (2) Kerangka kerja Mc Kinsey dalam pengorganisasian pendidikan karakter pada siswa di SMP Progresif Baitul Atieq Nganjuk dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung, dilaksanakan dengan Menyusun kerangka kerja beserta pembagian tugas dan fungsi pada masing-masing anggota organisasi guna memudahkan pelaksanaan dan evaluasi (3) Pelaksanaan pendidikan karakter dengan kerangka kerja McKinsey dalam membentuk karakter religius dan disiplin siswa di SMP Progresif Baitul Atieq Nganjuk dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung adalah dengan merealisasikan keseluruhan perencanaan Pendidikan karakter, yakni dengan internalisasi dan integralisasi keseluruhan nilai-nilai karakter pada keseluruhan kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler sekolah.(4) Pengawasan dan evaluasi pendidikan karakter dengan kerangka kerja McKinsey dalam membentuk karakter religius dan disiplin siswa di SMP Progresif Baitul Atieq Nganjuk dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung adalah dengan cara mengamati, menilai dan membandingkan pencapaian kinerja guru dalam membentuk karakter siswa terhadap indikator pencapaian nilai-nilai karakter.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12501184012 LAILIA NUR AWALU SHOLICHAH |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 01:55 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 01:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17234 |
Actions (login required)
View Item |