PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAM DI MI THORIQUL HUDA KROMASAN TULUNGAGUNG

HANIFA RESTI CAHYANI, 17207163005 (2020) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAM DI MI THORIQUL HUDA KROMASAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepala Madrasah dalam Menanamkan Nilai Nilai Karakter Islam di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung” disusun oleh Hanifa Resti Cahyani, 17207163005, Jurusan Manajemen pendidikan Islam, Fakulktas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, di bimbing oleh Bapak Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Nilai-Nilai Karakter Islam Penelitian ini membahas tentang Peran Kepala Madrasah dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islam di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung. Karena keberhasilan kualitas pemimpin di lembaga Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Kromasan ini sangat menentukan tercapainya kesuksesan suatu lembaga pendidikan Islam yang tidak lepas dari peran seorang kepala madrasah sebagai seorang yang mendidikan dan bisa merencanakan, mengorganisasikan suatu lembaga pendidikan. Oleh sebab itu, kepala madrasah harus berupaya mewujudkan kondisi sosial yang mendukung kegiatan madrasah yang dipimpinnya. Kepemimpinan yang sukses itu juga mampu mendorong kelompok dalam mengarahkan dan memotivasi individu untuk bekerja sama dalam kelompok dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini diantaranya yaituu (1) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai edukator dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islam di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung? (2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai manajer dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islam di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung? (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islam di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung? Skripsi ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah sebagai edukator dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islam di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung (2) Untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah sebagai manajer dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islam di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islam di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif, dengan mengambil latar upaya kepala madrasah dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islam di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung. Sumber data yang diambil dari kepala madrasah, para waka dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil analisis data ditemukan bahwa : (1) Peran kepala madrasah dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islam di MI Thoriqul Huda KromasanTulungagung yaitu menanamkan dan membiasakan peserta didik dengan adanya kegiatan religius, kejujuran, disiplin, peduli sekitar, kreativitas dan mandiri.(2) Peran kepala madrasah sebagai manajer dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islam di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung, terdapat 3 upaya diantaranya yaitu pertama merencanakan progam kerja terlebih dahulu kemudian menyusun tim-tim untuk menangani setiap bidang dan juga memilih guru yang dirasa mampu untuk menjadi koordinator dibidang tersebebut. Kedua mempertahankan keharmonisan dan kekeluargaan untuk membangun madrasah menjadi yang lebih baik. Serta mengadakan kegiatan yang mendukung dalam penanamaan nilai-nilai keislaman. (3) Faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islam di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagug yaitu adanya dukungan serta perhatian kepada orang tua atau wali dalam kegiatan penanaman nilai-nilai karakter Islam. Adanya dukungan dari lingkungan masyarakat yaitu menciptakan kegiatan lingkungan yang kondusif untuk proses penanaman nilai- karakter Islam di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung. Adanya hukuman bagi peserta didik yang tidak mengikuti kegiatan penanaman nilai-nilai karakter Islam. Terdapat fasilitas sarana dan prasana yang baik untuk menunjang kegiatan penanaman karakter Islam. Serta adanya dukungan dari kegiatan Intrakurikuler, Kokurikuler dan Ekstrakurikuler dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islam. Kemudian adanya faktor penghambat di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung yaitu kurangnya kesadaran peserta didik dalam melakukan penanaman karakter Islam dan adanya perbedaan suatu karakter peserta didik antara satu dengan yang lainnya. Lalu solusi yang diterapkan kepala madrasah yaitu dengan cara menerapkan bentuk nilai-nilai karakter Islam dengan baik, memberikan perhatian khusus kepada peserta didik yang bermasalah dan terus menjalin komunikasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163005 HANIFA RESTI CAHYANI
Date Deposited: 24 Nov 2020 02:28
Last Modified: 24 Nov 2020 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17249

Actions (login required)

View Item View Item