WACHIDAH, LAILATUL (2015) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI GARIS DAN SUDUT PADA SISWA KELAS VII A MTsN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]
|
Text
1. judul skripsi.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Persetujuan & Pengesahan.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
3. MOTTO.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
4. PERSEMBAHAN.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR TABEL , GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (726kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Garis dan sudut pada Siswa Kelas VII A MTsN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Lailatul Wachidah, NIM. 31214113098, pembimbing Maryono, M.Pd Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Menyelesaikan Soal, Garis dan Sudut, Kefasihan, Fleksibilitas, Kebaruan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang sering kita jumpai pada proses pembelajaran, khususnya matematika. Seringkali berpikir kreatif jarang ditekankan pada pembelajaran matematika karena model pembelajaran yang diterapkan cenderung berorientasi pada pengembangan pemikiran analitis dengan masalah-masalah yang rutin. Untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa ini peneliti memberikan soal dengan menggunakan pendekatan open-ended, hal ini bertujuan untuk memicu munculnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa peneliti menggunakan tiga indikator berpikir kreatif yang meliputi kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan yang akan peneliti kriteriakan berdasar penjenjangan yang dilakukan oleh Siswono (2008). Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan berpikir kreatif pada siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal matematika materi garis dan sudut pada siswa kelas VII A MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2014/ 2015?, 2) Bagaimana kemampuan berpikir kreatif pada siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal matematika materi garis dan sudut pada siswa kelas VII A MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2014/ 2015?, 3) Bagaimana kemampuan berpikir kreatif pada siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal matematika materi garis dan sudut pada siswa kelas VII A MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2014/ 2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Tes, 2) Wawancara, dan 3) Observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VII A mencapai hingga tingkat 4 (sangat kreatif), meliputi siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki korelasi positif terhadap kemampuan berpikir kreatifnya, yakni memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 4 (sangat kreatif). Siswa dengan kemampuan matematika sedang cenderung memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 3 (kreatif), sedangkan siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak dapat memenuhi ketiga indikator berpikir kreatif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | LAILATUL WACHIDAH |
Date Deposited: | 14 Aug 2015 02:48 |
Last Modified: | 14 Aug 2015 02:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1728 |
Actions (login required)
View Item |