PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI IIS SMAN 1 BOYOLANGU

AGUSTIN, LENTI (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI IIS SMAN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text
4. MOTTO.pdf

Download (239kB)
[img] Text
5. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR SKEMA.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. ABSTRACT.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. الملخص.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI (revisi).pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Antara Pendekatan Saintifik Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Pada Siswa Kelas XI IIS SMAN 1 Boyolangu” ini ditulis oleh Lenti Agustin, NIM. 3214113099, pembimbing Dr. Muniri, M. Pd. Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Discovery Learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar. Penerapan kurikulum 2013 menjadi keharusan bagi semua lembaga pendidikan mulai tahun ajaran 2014/2015. Penerapan kurikulum baru ini tentunya memunculkan banyak masalah di lapangan baik dari SDM maupun fasilitas. Kemunculan berbagai masalah inilah yang akhirnya membuat Kementerian Pendiddikan dan Kebudayaan memutuskan untuk menghentikan penerapan kurikulum 2013 bagi sekolah yang baru menerapkannya selama satu semester. Di Tulungagung ada lima sekolah di bawah naungan Kementerian Pendiddikan dan Kebudayaan yang ditunjuk sebagai sekolah percontohan penerapan kurikulum 2013. Berkenaan dengan hal ini peneliti ingin meneliti hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pedekatan saintifik. Untuk itu, peneliti membandingkan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pendekatan saintifik model Discovery Learning dan Problem Based Learning. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah adakah perbedaan hasil belajar matematika siswa pada aspek : (1) keterampilan, (2) pengetahuan, dan (3) sikap antara pendekatan saintifik model Discovery Learning dan Problem Based Learning pada siswa kelas XI IIS SMAN 1 Boyolangu? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa pada aspek: (1) keterampilan, (2) pengetahuan, dan (3) sikap antara pendekatan saintifik model Discovery Learning dan Problem Based Learning pada siswa kelas XI IIS SMAN 1 Boyolangu Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IIS3 dan kelas XI IIS4. Keseluruhan sampel berjumlah 62 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuisioner. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika aspek pengetahuan. Kuisioner digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika aspek sikap. Sedangkan untuk memperoleh data hasil belajar matematika aspek keterampilan digunakan penugasan proyek. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tidak ada pebedaan hasil belajar matematika pada aspek keterampilan, (2) ada perbedaan hasil belajar matematika pada aspek pengetahuan, dan (3) tidak ada pebedaan hasil belajar matematika pada aspek sikap antara pendekatan saintifik model Discovery Learning dan Problem Based Learning pada siswa kelas XI IIS SMAN 1 Boyolangu. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, disarankan bagi guru matematika untuk lebih terbuka dalam melaksanakan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Pembelajaran matematika di kelas hedaknya diupayakan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan menjadikan hasil penelitian ini sebagai inspirasi dalam melakukan penelitian serupa dengan lebih mendalam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email lentiagustin09@gmail.com
Date Deposited: 11 Aug 2015 05:36
Last Modified: 11 Aug 2015 05:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1732

Actions (login required)

View Item View Item