Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung

Arofah, Siti (2014) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
AWAL.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (19kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: Upaya, Guru Pendidikan Agama Islam, Kualitas Proses Pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya ajaran-ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.Secara umum pendidikan agama Islam merupakan mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat dalam agama Islam.Ajaran tersebut terdapat dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist untuk kepentingan pendidikan.Maka pendidikan agama Islam tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai berbagai ajaran Islam tetapi juga bagaimana peserta didik dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Upaya guru pendidikan agama islam merupakan usaha yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan guru perlu upaya yang mendorong keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh guru SMP Negeri I Sumbergempol juga mengenai proses pembelajaran disana serta pendorong maupun penghambat proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Sumbergempol. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1)Bagaimana perencanaan guru PAI dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung?(2)Bagaimana upaya guru PAI dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung?(3) Apa faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan guru PAI dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui upaya guru PAI dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi.Analisis datanya menggunakan Milles dan Hubberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. xiv Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol disesuaikan dengan kurikulum yang ada dan juga sesuai dengan materi yang akan disampaikan serta sesuai kondisi siswa. Oleh karena dengan adanya perencanaan yang matang, proses pembelajaran akan berjalan dengan lancar sehingga tujuan pembelajaran pun dapat tercapai. (2) upaya yang dilakukan oleh guru maupun kepala sekolah sangat banyak sekali, dengan mengirim guru untuk mengikuti diklat, pembelajaran computer untuk guru, dari guru sendiri adalah dengan memotivasi siswa, memberikan pujian atau hadiah serta guru maupun siswa menjalin komunikasi agar mudah ketika guru menyampaikan materi. Serta penggunaan media sebagai alat bantu guru. (3) Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam upaya guru meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Sumbergempol adalahdari faktor pendukung ini, guru dengan menumbuhkan kesadaran pentingnya peningkatan kompetensi guru sesuai amanat UU guru dan dosen, membakar semangat atau motivasi. Sedangkan faktor penghambat adalah, minimnya jam pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sumbergempol, serta kurangnya kualitas SDM. Penggunaan fasilitas media pun masih minim pengadaanya. Selain itu juga karena kemampuan siswa yang tidak sama juga menjadi faktor penghambat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 17 Nov 2014 01:59
Last Modified: 17 Nov 2014 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item