ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA MAHASISWA TADRIS IPS IAIN TULUNGAGUNG PADA PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

NADILA, 17210163101 (2020) ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA MAHASISWA TADRIS IPS IAIN TULUNGAGUNG PADA PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH BAHASA INDONESIA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK Nadila. NIM. 17210163101. 2020. AnalisisPenggunaan Bahasa Mahasiswa Tadris IPS IAIN Tulungagung pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Bahasa Indonesia.Tadris Bahasa Indonesia.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.Pembimbing : Rahmawati Mulyaningtyas, M. Pd. Kata kunci: penggunaan bahasa, pembelajaran daring, bahasa Indonesia Dasar dari penelitian skripsi ini adalah kesalahan penggunaan ejaan yang dilakukan mahasiswa Tadris IPS selama pembelajaran daring mata kuliah Bahasa Indonesia.Selama pandemi COVID-19, bentuk pembelajaran dialihkan ke dalam pembelajaran daring. Pembelajaran daring memungkinkan mahasiswa untuk dapat berkomunikasi menggunakan bahasa tulis dengan baik dan benar. Tadris IPS II-C memanfaatkan aplikasi google clasroom sebagai sarana pembelajarannya. Pada saat diskusi pembelajaran mahasiswa dituntut untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan PUEBI. Namun, pada praktiknya mahasiswa kurang mampu menguasai bahasa tulis sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia.Mahasiswa cenderung menggunakan bahasa yang kurang memperhatikan kaidah gramatikal dalam media daring.Selain itu dosen tidak menjadikan bahasa tulis mahasiswa sebagai kriteria penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan mahasiswa Tadris IPS IAIN Tulungagung pada mata kuliah Bahasa Indonesia.Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tangkap layar diskusi mahasiswa Tadris IPS II-C dengan dosen , pada pembelajaran daring mata kuliah Bahasa Indonesia lewat aplikasi google clasroom. Data dalam penelitian ini berupa percakapan yang mengandung ragam bahasa tulis mahasiswa, yaitu ejaan, keefektifan kalimat, dan pilihan kata.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu kesalahan penggunaan ejaan sebanyak 63 kesalahan dengan rincian 18 kesalahan penulisan huruf, yaitu kesalahan penulisan huruf kapital sebanyak 14 dan kesalahan penulisan huruf miring 4 kesalahan. kesalahan penulisan kata yang ditemukan berjumlah 23, dengan rincian kesalahan yaitu kesalahan penulisan partikel sebanyak 2, penulisan awalan sebanyak 6 kesalahan, penulisan akhiran sebanyak 7 kesalahan, kesalahan penulisan gabungan kata sebanyak 4 kesalahan kesalahan penulisan bentuk terikat sebanyak 2, kesalahan penulisan kata depan sebanyak 2. Terakhir adalah kesalahan penggunaan tanda baca sebanyak 22, diantaranya kesalahan penggunaan tanda titik (.) sebanyak 8, kesalahan penggunaan tanda koma (,) sebanyak 7, kesalahan penggunaan tanda tanya (?) sebanyak 3 kesalahan, kesalahan penggunaan tanda seru (!) sebanyak 3 kesalahan, kesalahan penggunaan tanda titik dua (:) sebanyak 1 kesalahan.Selanjutnya , kesalahan keefektifan kalimat sebanyak 29, dengan rincian kesalahan unsur kesatuan atau kesepadanan sebanyak 6, kesalahan unsur kepaduan atau koherensi sebanyak 4, kesalahan terkait unsur kesejajaran atau keparalelan ada 5, kesalahan unsur kehematan sebanyak 4, kesalahan unsur kejelasan sebanyak 5, yaitu kalimat yang ditulis mengalami ambiguitas atau terdapat makna ganda di dalamnya. Terakhir , kesalahan pilihan kata sebanyak 10 dengan rincian kesalahan tersebut yaitu kesalahan pilihan kata pada unsur ketepatan sebanyak 8 dan kesalahan pilihan kata pada unsur kesesuaian sebanyak 2 kesalahan. Ada dua faktor yang melatarbelakangi kesalahan penggunaan bahasa mahasiswa Tadris IPS II-C.Pertama, faktor mahasiswa. Fakor ini di dasari oleh kurangnya penguasaan bahasa Indonesia dan kebiasaan mahasiswa dalam menulis tidak sesuai dengan PUEBI. Kedua, faktor dosen.Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dosen tida memberi tuntutan kepada mahasiswa untuk berbahasa tulis sesuai dengan PUEBI, selain itu dosen juga tidak menggunakan bahasa tulis yang dipakai mahasiswa sebagai kriteria penilaian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163101 NADILA
Date Deposited: 22 Dec 2020 03:53
Last Modified: 22 Dec 2020 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17422

Actions (login required)

View Item View Item