Pengaruh Metode Think Pair and Share Dalam Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Terhadap Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Udanawu Blitar

Fajarini, Sari, sari (2015) Pengaruh Metode Think Pair and Share Dalam Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Terhadap Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Udanawu Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sari Fajarini. 2015. Pengaruh Metode Think Pair and Share Dalam Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Terhadap Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa kelas VII SMPN 1 Udanawu. Skripsi. Jurusan Tadris Matematika. IAIN Tulungagung: Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Metode Think Pair and Share, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar Kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika mengakibatkan hasil belajar siswa juga ikut berkurang. Dalam hal ini mendorong peneliti untuk menerapkan suatu metode yang tepat pada proses pembelajaran. Banyak metode yang merangsang siswa untuk belajar mandiri, kreatif dan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran matematika yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar mandiri dan lebih aktif adalah dengan metode think pair and share. Metode ini adalah metode yang mempengaruhi pola interaksi siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pengaruh metode think pair and share dalam pembelajaran matematika terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa VII SMPN 1 Udanawu. (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 udanawu setelah metode think pair and share diterapkan. Penelitin ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan observasi, tes dan dokumentasi. Kemudian data diuji persyaratan dengan validitas, reliabilitas, normalitas, dan homogenitas. Setelah itu data diuji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test melalui SPSS For Windows 16.00. Selanjutnya penulis menganalisis data hasil penelitian dengan rumus t-test. Sebelum menguji dengan t-test terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Setelah data dianalisis dapat dikatakan ada pengaruh yang signifikan metode think pair and share dalam pembelajaran matematika terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Udanawu. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh pemahaman konsep nilai t_hitung = 2,963 dan hasil belajar diperoleh t_hitung = 6,140, kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan t_tabel = 1,677 pada taraf signifikan 5%. Demikian diperoleh t_hitung>t_tabel maka H_o ditolak. Hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan pada metode think pair and share (TPS) terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Udanawu. Hal ini sesuai dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf 5% untuk pemahaman konsep dengan nilai t_hitung (2,963) ˃ t_tabel (1,677), yang mempunyai arti H_o ditolak dan menerima H_a. Dan untuk hasil belajar t_hitung (6,140) ˃ t_tabel (1,677) dengan taraf signifikan 5% maka H_o ditolak dan menerima H_a. (2) Ada hasil yang lebih baik setelah pembelajaran menggunakan metode think pair and share (TPS) daripada pembelajaran yang tidak menggunakan metode think pair and share (TPS) (konvensional).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: sari fajarini
Date Deposited: 13 Aug 2015 01:33
Last Modified: 13 Aug 2015 01:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1743

Actions (login required)

View Item View Item