NEGARA, CANDRA FATMA (2015) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI)SISWA KELAS III MIN JELI KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
1-SAMPUL.pdf Download (157kB) | Preview |
|
Text
2-PERSETUJUAN.pdf Download (58kB) |
||
Text
3-PENGESAHAN 2.pdf Download (134kB) |
||
Text
4-MOTTO.pdf Download (220kB) |
||
Text
5-PERSEMBAHAN.pdf Download (59kB) |
||
|
Text
6-KATA PENGANTAR.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
7-DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
8-DAFTAR TABEL.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
9-DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4kB) | Preview |
|
|
Text
10-DAFTAR LAMPIRAN 2.pdf Download (7kB) | Preview |
|
Text
Abtrak baru.pdf Download (339kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (189kB) |
||
|
Text
BAB 2.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Download (395kB) |
||
|
Text
BAB 4.pdf Download (635kB) | Preview |
|
Text
BAB 5.pdf Download (67kB) |
||
|
Text
DAFTAR rujukan.pdf Download (120kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jeli Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Candra Fatma Negara, NIM. 3217113018, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd. Kata Kunci: Metode make a match, , Hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jeli, Karangrejo, Tulungagung, yang hasil belajar siswa masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan metode make a match. Penggunaan metode make a match dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode make a match pada sejarah kebudayaan Islam (SKI) pokok bahasan masa kanak-kanak Nabi Muhammad siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jeli Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan metode make a match pada sejarah kebudayaan Islam (SKI) pokok bahasan masa kanak-kanak Nabi Muhammad siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jeli Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode make a match pada sejarah kebudayaan Islam (SKI) pokok bahasan masa kanak-kanak Nabi Muhammad siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jeli Kecamatan Karangrejo Kabuapaten Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan metode make a match pada sejarah kebudayaan Islam (SKI) pokok bahasan masa kanak-kanak Nabi Muhammad siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jeli Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jeli Karangrejo Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus pertama adalah 77,70 (61,29%) yang berada pada kriteria cukup baik, sedangkan pada tes akhir siklus kedua adalah 92,87 (93,75%) dan berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 15,17. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jeli Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | CANDRA FATMA NEGARA |
Date Deposited: | 12 Aug 2015 04:40 |
Last Modified: | 12 Aug 2015 04:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1744 |
Actions (login required)
View Item |