INTERNALISASI BUDAYA RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMPN 2 TULUNGAGUNG

RIRIN EKA SYAHROTUNNISA, 17201163342 (2020) INTERNALISASI BUDAYA RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMPN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (445kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (460kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Internalisasi Budaya Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di SMPN 2 Tulungagung” ini di tulis oleh Ririn Eka Syahrotunnisa, NIM 17201163342, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr.H.Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Internalisasi, Budaya Religius, Kegiatan Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi olehmerambahnya kenakalan remaja yang memberikan tekanan pada pembentukan serta karakter pembinaan aspek sikap pada remaja.. Budaya religius yang diterapkan di sekolah akan berpengaruh pada moral peserta didik. Dengan adanya budaya religius ini akan membentuk moral yang baik bagi anak sehingga mampu menyaring pergaulan yang baik dan mana pergaulan yang kurang baik.Oleh karenanya, penyelenggaraan budaya religius di lingkungan sekolah diharapkan dapat dijadikan sarana penunjang agar internalisasi nilai-nilai religius(keagamaan) dapat terlaksana. Fokus penelitian, 1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai budaya religius siswa-siswi di SMPN 2 Tulungagung melalui kegiatan keagamaan sekolah?2) Bagaimana upaya tenaga pendidik dalam menanamkan nilai-nilai budaya religius siswa siswi di SMPN 2 Tulungagung dalam kegiatan keagamaan sekolah? 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai budaya religius siswa siswi SMPN 2 Tulungagung melalui kegiatan keagamaan sekolah? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penanaman budaya religius di SMPN 2 Tulungagung berguna untuk memperkaya intelektual dan meningkatkan nilai sikap. Kegiatan di sekolah diarahkan pada kebiasaan yang mengarah pada keimanan dan ketaqwaan. Baik kegiatan intra maupuyn ekstra. 2) Upaya penanaman budaya religius di SMPN 2 Tulungagung meliputi : membudayakan 5S (Senyum Sapa Salam Sopan Santun, kegiatan mata pelajaran umum kerap diselingi dengan pendidikan agama yang mengacu pada pelajaran tersebut, mengadakan kegiatan ekstrakulikuler keagamaan seperti remas, qiroah dan sholawat, melaksanakan sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah dan melaksanakan kegiatan di hari besar agama islam. 3) Faktor penghambat yakni SMPN 2 Tulungagung merupakan sekolah umum bukan sekolah Islam dengan banyak kegiatan keagamaan dan hanya memiliki 3 jam pembelajaran oleh guru PAI setiap minggunya. Faktor pendukung yakni serangkaina kegiatan keagamaan dan juga rutinitas lainnya untuk menyeimbangi membentuk karakter peserta didik yang beriman dan bertaqwa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163342 RIRIN EKA SYAHROTUNNISA
Date Deposited: 08 Jan 2021 01:24
Last Modified: 29 Apr 2021 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17544

Actions (login required)

View Item View Item