UPAYA GURU MI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR CALISTUNG PESERTA DIDIK KELAS 1 MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

NUR SAMSIYAH, 17205163280 (2020) UPAYA GURU MI DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR CALISTUNG PESERTA DIDIK KELAS 1 MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (775kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru MI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Calistung Peserta Didik Kelas 1 MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Samsiyah, NIM. 17205163280, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Nur Cholis,S.Pd.I,.M.Pd Kata kunci: Upaya guru, kesulitan belajar, calistung Konteks penelitian ini didasari karena adanya kesulitan belajar calistung yang dialami peserta didik terutama pada kelas rendah.Untuk itu guru perlu melakukan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar calistung tersebut.Karena kemampuan membaca, menulis dan berhitung pada anak-anak sekolah dasar merupakan sarana yang sangat mendasar dan penting bagi perkembangan di masa mendatang untuk memburu, menyerap, dan memanfaatkan informasi guna pengembangan ilmu dan teknologi ketika kelak mereka sudah mencapai pendidikan yang lebih tinggi. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kesulitan belajar calistung pada peserta didik kelas 1 MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung?. 2) Apakah faktor pendukung upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung pada peserta didik kelas 1 MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung?. 3) Apakah faktor penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung pada peserta didik kelas 1 MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung?. Adapun tujuan melakukan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kesulitan belajar calistung pada peserta didik kelas 1 MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung pada peserta didik kelas 1 MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. 2) Mendeskripsikan faktor penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung pada peserta didik kelas 1 MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Sumber data yang digunakan yaitu primer dan skunder.Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Selanjutnya pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triagulasi teknik dan perpanjangan pengamatan dan analisis data yang digunakan yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Dta Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing/ Verivikasi (Kesimpulan). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kesulitan belajar calistung ialah dengan membuat program-program yang berkaitan dengan mengatasi kesulitan belajar, mengenali gejala dengan cermat terhadap fenomena yang menunjukkan adanya kesulitan belajar, menggunakan strategi khusus untuk peserta didik yang kesulitan calistung, menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan kondusif, pemberian reward atau hadiah, penguatan verbal dan non verbal. (2) hal-hal yang mendukung yaitu motivasi orang tua, ketlatenan,kesabaran dan motivasi yang diberikan guru, suasana kelas yang menyenangkan, kondisi anak yang stabil, tingkat konsentrasi anak yang baik, tingkat kecerdasan yang tinggi, media pembelajaran , metode pembelajaran, sarana dan prasarana yang memadai. (3) sedangkan hal-hal yang menghambat upaya guru yaitu kondisi peserta didik yang kurang baik karena capek pada jam siang, tingkat kecerdasan sebagian anak yang di bawah standart, kurangnya motivasi orang tua, kurang aktifnya peserta didik di kelas, pengaruh tayangan televisi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163280 NUR SAMSIYAH
Date Deposited: 11 Jan 2021 02:22
Last Modified: 28 Apr 2021 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17584

Actions (login required)

View Item View Item