PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK BERBASIS LATIHAN SOAL-SOAL HOTS PADA KELAS V DI MI MA’ARIF GENDINGAN TULUNGAGUNG

BANGKIT ALFAN ASORFI, 12505174009 (2019) PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK BERBASIS LATIHAN SOAL-SOAL HOTS PADA KELAS V DI MI MA’ARIF GENDINGAN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Bangkit Alfan Asorfi, Dosen Pembimbing (1) Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd (II) Dr.HM.Saifudi Zuhri, M.Ag : Pengembangan buku ajar Tematik Berbasis Latihan Soal-soal HOTS pada kelas V di MI Ma’arif Gendingan Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2019. Kata Kunci : Buku Ajar, Tematik Latihan Soal HOTS. Pengembangan Buku Ajar Tematik berbasis latihan soal HOTS (Higher Older Thinking Skill) ini dikembangkan untuk siswa kelas V MI Al Ma’arif agar dapat dijadikan sebagai pegangan siswa serta sumber belajar siswa MI kelas V juga untuk menunjang panduan belajar siswa dikelas maupun dirumah, sehingga siswa mempunyai banyak pegangan buku belajar agar dapat meningkatkan pengetahuan siswa. Oleh karena itu buku ajar ini diupayakan untuk membantu siswa dalam penguatan materi pelajaran yang telah ada, selain itu juga dapat meringankan tugas guru dalam menyampaikan materi pelajaran di dalam kelas, sebab dapat dijadikan buku ajar tambahan untuk memper luas materi. Karena Buku Ajar Tematik ini dilengkapi dengan latihan Soal-soal HOTS., yang menuntut siswa dalam berfikir kognitif, afektif, dan psikomotor. Fokus pertanyaan penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah: (1) bagaimana pengembangan Buku Ajar Tematik berbasis latihan Soal-soal HOTS.(2) bagaimana pengembangan materi dan latihan soal yang terdapat dalam Buku Ajar Tematik berbasis soal-soal HOTS? (3) Bagaimana keterkaitan isi Buku Ajar tematik berbasis pembelajaran HOTS terhadap konteks lingkungan saat ini? Metode penelitian yang digunakan : (1) jenis penelitian ini adalah Reasech and Development dengan pendekatan langkah-langkah Borg and Gal. (2) kehadiran peneliti dilapangan adalah suatu keharusan yang berfungsi sebagai instrument kunci dalam mengumpulkan data, (3) tempat penelitian adalah di MI Al Ma’arif Tulungagung. Alasan peneliti memilih sekolahan ini dikarenakan manajemen pelayanan pendidikan yang ada disekolah ini tergolong baik dan termasuk sekolah unggul di Kabupaten Tulungagung dalam bidang Akademik dan Non akademik oleh karena itu peneliti memilih lembaga ini untuk dijadikan objek penelitian. (4) sumber data peneliti dibagi menjadi tiga ; orang, dokumen, dan tempat, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Ketiga sumber data tersebut digunakan untuk saling melengkapi informasi dan data. (5) unruk mengumpulkan data, peneliti menggunakan catatan tertulis, wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi,(6) informan kunci dalam penelitian ini terdiri atas Kepala Madrasah MI Al Ma’arif, Waka Kesiswaan, Waka Humas, Guru, dan siswa, (7) peneliti menganalisa data perhitungan dari hasil belajar siswa, berdasarkan penelitian yang menggunakan pendekatan Borg an Gall bahwa dalam setiap pengambilan data harus disertai dengan uji homogenitas, uji Normalitas dan Uji Table. (8) untuk memeriksa validitas data peneliti melakukan perpanjangan waktu penelitian, mengumpulkan banyak referensi, mengkaji ulang data yang akan diberikan, dan melakukan klarifikasi pada informan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar yang ada di MI Al Ma’arif Tulungagung : (1) perencanaan pelayanan pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar diwujudkan dengan musyawarah antara kepala sekolah dengan semua waka yaitu waka kurikulum, kesiswaan, sarpras, humas untuk membuat program jangka pendek dan jangka panjang, program-program yang sudah disusun tersebut disosialisasikan kesemua warga sekolah yaitu guru dan siswa, kurikulum yang digunakan K13 dan untuk meningkatkan prestasi akademik siswa sekolah membuat 2 program kelas sesuai permintaan masyarakat untuk melayani akademik sekolah mengadakan ekstrakulikuler yang bertujuan mengembangkan bakat dan minat peserta didik (2) implementasi buku ajara Tematik latihan Soal-soal HOTS) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, latihan-latihan soal HOTS ini siswa akan belajar berfikir kognitif, afektif, dan psikomotor. Serta memiliki pedoman pembelajaran yang dimiliki siswa sehingga tidak hanya terfokus pada beberapa bahan ajar. Karena sumber ajar, media pembelajaran, dan bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran sehingga dapat menjadi acuan untuk mengembangkan keterampilan siswa. karena pada saat ini kurikulum 2013 kurikulum yang sangat menuntut siswa aktif dalam sebuah pembelajaran, selain itu juga mengharapkan siswa dapat berlatih atau belajar dalam pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: S2 12505174009 BANGKIT ALFAN ASORFI
Date Deposited: 20 Jan 2021 07:58
Last Modified: 26 Apr 2021 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17593

Actions (login required)

View Item View Item