PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMAN 1 PONGGOK

CITRA RAMADHANTY, 17306163072 (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMAN 1 PONGGOK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (815kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (636kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK Citra Ramadhanty, NIM1730163072. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMAN 1 Ponggok..Pembimbig Citra Ayu Kumala Sari. M.Psi. Kata kunci : Bimbingan kelompok, diskusi, kepercayaan diri Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X SMAN 1 Ponggok. Peneliti mengacu pada pendeketan penelitian kuantitatif eksperimen yang dalam pelaksanaan ya dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subjek dari penelitian ini menggunakan 20 siswa yang nilai kepercayaan dirinya rendah. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket skala linkert dengan uji validitas terdapat 4 item gugur dan 56 item dinyatakan valid. Pengukuran dalam kepercayaan diri ini menggunakan uji independent test, hasil yang diperoleh dari tes tersebut yaitu nilat thitung 4,590 > ttable 3,151 dengan signifikan 0,00 < 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dan dapat disimpulkan ada perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok ekperimen. Dapat diketahui nilai mean dari kelompok eksperimen 209,80 sedangkan kelompok kontrol 180,80. Sehingga dapat dilihat perbedaan nilai dari kelompok ekpserimen yang sudah diberi perlakuan dan kelompok kontrol yang tidak diberi eksperimen. Adapula hasil dari N-Gain Score diketahui bahwa nilai mean dari N-Gain Score dari kelompok eksperimen 154,111 dan kelompok kontrol 8,8966 . Nilai N-Gain Score kelompok eksperimen 154% masuk dalam kategori efektivitas . Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik diskusi efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa Kelas X SMAN 1 Ponggok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Skripsi 17306163072 Citra Ramadhanty
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:53
Last Modified: 26 Mar 2021 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17594

Actions (login required)

View Item View Item