EFEKTIVITAS TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENCEGAH KECANDUAN GAME ONLINE REMAJA DI DUSUN NGIBAK

ANINDA OKTAVIA, 17306163031 (2020) EFEKTIVITAS TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENCEGAH KECANDUAN GAME ONLINE REMAJA DI DUSUN NGIBAK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Aninda Oktavia, NIM 17306163031, Efektivitas Teknik Diskusi Kelompok Untuk Mencegah Kecanduan Game Online Remaja Di Dusun Ngibak. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Progam Sarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci: Diskusi Kelompok, Kecanduan Game Online, Penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik diskusi kelompok untuk mencegah kecanduan game online remaja di Dusun Ngibak. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalen control group design pretest posttest group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling, dengan menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penlitian. Sehingga diketahui pada penelitian ini terdapat 23 remaja sebagai populasi dengan hasil angket pretest terdapat 8 remaja yang memiliki tingkat kecanduan game online tinggi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 remaja yang memiliki tingkat kecanduan game online tinggi, kemudian dibagi menjadi 4 remaja sebagai kelompok eksperimen dan 4 remaja sebagai kelompok kontrol. Pengukuran skala kecanduan game online remaja menggunakan uji hipotesis independent samples test, hasil yang di peroleh yaitu nilai t hitung diketahui sebesar 18.433 dengan df 6 diketahui nilai t tabel sebesar 2.447, serta diketahui bahwa nilai mean kelompok eksperimen sebesar 78.50 dan nilai mean kelompok kontrol sebesar 135.75 yang menunjukan terjadinya penurunan sesudah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen. Adapun dari hasil perhitungan menggunakan N-Gain Score untuk kelompok eksperimen 159.467% > 76% termasuk dalam kategori efektifitas tinggi. Sementara untuk rata-rata N-Gain Score kelompok kontrol adalah sebesar 25.1226% < 40% termasuk dalam katergori tidak efektiftas rendah. Sehingga dapat dikatakan bahwa layanan dengan teknik diskusi kelompok efektif untuk mencegah kecanduan game online remaja.. Berdasarkan temuan penelitian, nilai rata-rata kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan mengalami penurunan perilaku kecanduan game online. Sehingga dapat dikatakan bahwa layanan dengan teknik diskusi kelompok efektif dalam mencegah kecanduan game online remaja di Dusun Ngibak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 17306163031 ANINDA OKTAVIA
Date Deposited: 11 Jan 2021 05:04
Last Modified: 26 Apr 2021 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17596

Actions (login required)

View Item View Item